Mazaya Sofi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite # marketplace

2021: Cara Mudah Kuasai Digital MarketingTips Instagram

2 tahun yang lalu - By Mazaya Sofi

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Tak heran, banyak para wirausahawaan yang ingin memaksimalkan jangkauannya lewat Instagram. Lantas apa saja tips Instagram 2021 yang bisa memaksimalkan potensi bisnis anda? Simak artiktel berikut!

Tips #1 Gunakan Instagram Bisnis

Jika anda masih menggunakan akun Instagram pribadi untuk mempromosikan bisnis anda, bisa jadi anda tidak mengetahui perbendaannya. Salah satu hal perbedaan besar akun Instagram personal dan akun Instagram bisnis adalah fiturnya.

Akun Instagram bisnis memiliki fitur lengkap yang tidak bisa diakses oleh akun Instagram pribadi. Beberapa fitur tersebut adalah:

  1. Instagram Shop (laman khusus yang bisa langsung menyambungkan pengguna dengan produk berbayar)
  2. Instagram analytics (data jangakauan profil bisnis anda)
  3. Targeted Ads (iklan dengan target khusus)

Tak hanya Instagram Bisnis, ada juga tipe akun lain seperti Instagram creator. Sebagai Influencer atau seniman, anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari akun creator.

Namun untuk kalian yang memiliki usaha atau bisnis, Instagram business akan jauh lebih menguntungkan.

Cek artikel ini untuk mengetahui bagaimana memaksimalkan jangkauan pengguna Instagram lain dengan Instagram Ads.

Tips #2 Jelaskan Tujuan Anda dengan Rinci

Media sosial pada dasarnya hanyalah sebuat alat. Nah, bagaimana kita bisa menggunakan alat tersebut secara maksimal adalah hal yang harusnya menjadi fokus.

Pada umumnya, kita tidak akan bisa menggunakan alat tersebut secara maksimal jika kita sadar atas kebutuhan tool tersebut. Maka refleksikanlah apa yang membuat anda membutuhkan Instagram sebagai wirausahawan.Dengan mengetahui apa tujuan anda, maka anda akan mengetahui apa yang harus anda lakukan.

Berikut adalah beberapa tujuan digital marketing di Instagram yang bisa anda tentukan!

  • Membangun kehadiran bisnis anda di dunia digital
  • Meningkatkan kesadaran bisnis anda di media sosial
  • Mengetahui lebih banyak informasi mengenai calon pembeli
  • Menjual produk langsung dari Instagram


Tips #3 Amati Audiens Anda

Audiens akun instagram anda adalah calon-calon pembeli atau pengguna jasa anda. Maka sedikit riset akan membantu anda menargetkan produk anda pada pengguna instagram yang tepat.

Jadi tentukan target pembeli agar anda bisa menyesuaikan konten apa yang bisa menarik mereka. Hal ini nantinya akan sangat krusial dalam menargetkan audiens disaat anda meluncurkan Instagram ads.

Tips #4 Maksimalkan Laman Profil Instagram

Walau bio Instagram hanya menyediakan 150 karakter, ingat bahwa dengan adalah hal yang pertama kali dilihat oleh para pengguna. Maka dari itu, membuat first impression yang berkesan adalah hal yang penting. Hal-hal seperti membuat suasana profil, menunjukkan tujuan bisnis anda, dan memerkan produk yang anda tawarkan pada calon pembeli menjadi hal yang penting.

Beberapa hal yang wajib tercantum di bio instagram bisnis anda:

  • Nama bisnis
  • Usernam bisnis yang mudah diingat
  • Alamat website
  • Kategori
  • Informasi Kontak atau Customer Service


Tips #5 Pilih Foto Profil Instagram yang Cocok

Gunakan logo bisnis anda sebagai foto profil akun Instagram. Logo anda akan membuat calon pembeli menjadi lebih mempercayai bisnis anda. Hal ini karena logo menunjukan profesionalisme suatu bisnis.

Ingat bahwa foto profil instagram menggunakan bentuk lingkaran. Maka dari itu apabila logo bisnis anda tidak berbentuk lingkaran, akan lebih baik jika logo bisnis anda disesuaikan dengan ukuran yang ada sehingga terlihat secara penuh tanpa cropping.

Tips #6 Buat Konten Instagram yang Menarik

Sebagai media sosial yang mengedepankan visual, Instagram mengharuskan mereka yang ingin ikut bersaing untuk memiliki kualitas konten yang tinggi. Walau tidak sampai harus membutuhkan fotografer profesional, minimal konten yang tertera seharusnya bisa memperlihatkan tujuannya secara jelas dengan kualitas gambar HD.

Berikut adalah ide-ide apa saja yang bisa diunggah ke dalam akun instagram anda sebagai wirausahawan:

  • Unggahan Behind-the-scenes
  • Ucapan Hari Perayaan
  • Unggahan berbentuk tutorial bermanfaat
  • Video
  • Reels

Tips Instagram 2021 terakhir adalah pastikan pula setiap unggahan bisa menggerakan hati pengguna instagram untuk merepost atau share ulang unggahan tersebut sehingga unggahan anda bisa menjangkau lebih banyak pengguna. Yuk daftar di Campus Digital

 

Hubungi Kami