Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#istilahumumwebsite #website

3 Istilah Umum dalam Website dan Artinya

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

Di dalam dunia pre-website-an, kita akan menemukan istilah-istilah yang artinya asing di telinga masyarakat awam.[/caption]

Di dalam dunia pembuatan situs web banyak terdapat istilah-istilah yang sebagian besar belum pernah terdengar oleh masyarakat awam. Istilah-istilah ini tentu saja dapat membuat bingung kalian yang belum familiar dengan dunia website. Tetapi kalian semua tidak perlu khawatir karena di dalam artikel ini, kami akan merangkum istilah-istilah dalam website beserta artinya. Sekarang, mari kita bahas agar kalian semakin paham!

Baca juga Jasa Pembuatan Website Terdekat: Pahlawan Bisnismu!

URL (Uniform Resource Locator)

Istilah ini mungkin menjadi istilah yang familiar untuk masyarakat awam. Biasanya, masyarakat awam lebih mengenal URL dengan sebutan link atau tautan. Tetapi, URL sebetulnya merupakan tautan yang bekaitan dengan kegiatan downloading dan uploading saja. URL berupa rangkaian karakter yang menunjukkan alamat dari dokumen yang tersedia di web atau komputer. Nama dari URL sendiri dapat menyesuaikan dengan keinginan pemilik untuk memudahkan audiens untuk mengunjungi web tersebut.

Domain dan Hosting

Domain dan hosting sendiri dapat dianalogikan sebagai alamat rumah dan lahan tempat berdirinya rumah tersebut. Hosting mengemban peran sebagai lahannya di mana website tersebut berdiri. Biasanya, para pengembang web menyewakan hosting ini dalam jangka waktu tertentu pada pelanggan. Untuk dapat ternavigasi oleh audiens, tentunya situs web harus memiliki domain selayaknya fungsi alamat pada rumah. Biasanya domain terdiri dari 3-4 komponen seperti komponen RT / RW dan Kecamatan pada alamat lengkap yang terdiri dari:

  • Host: yakni awalan “www” atau https:// pada suatu situs web,
  • Nama website,
  • Top Level Domain (TLD) merupakan huruf akhir setelah nama website dan titik. Contohnya adalah .com, .net, .org, .id, dan juga
  • Subdomain yang terletak di tengah. Biasanya, para pengembang web menggunakan ini untuk salah satu lokasi di dalam website, misalnya .wordpress, .jimdo, .blogspot, dan masih banyak lagi.

CSS (Cascading Style Sheet)

CSS merupakan salah satu alat untuk mempercantik tampilan visual website kalian. Bahasa pemrograman CSS biasanya berguna untuk mengatur layout atau agar website tersebut memiliki tampilan yang lebih menarik. Jika situs web tersebut berpenampilan menarik, maka banyak audiens yang akan tertarik dan akan menaikkan traffic. Tetapi, tampilan situs web juga harus selaras dengan kenyamanan pengguna dalam menavigasikannya. Maka dari itu, fungsi dari CSS sangatlah berkaitan dengan User Interface dalam perihal visualisasi website.

bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami