Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#belajar SEO # digital marketing # pemasaran digital #bisnisonline #belanjaonline # bisnis online untuk mahasiswa

3 Konsep Digital Marketing yang Wajib Kamu Tau!

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

3 Konsep Digital Marketing - Di zaman sekarang, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang nama nya digital marketing atau pemasaran digital. Dengan adanya perkembangan teknologi digital membuat manusia memanfaatkan teknologi sebagai peluang bisnis yang di jadikan keuntungan usaha, salah satunya digital marketing. Digital marketing merupakan sebuah teknik promosi dengan menggunakan media digital seperti, internet, televisi, dan radio.

Namun, perlu di ketahui bahwa digital marketing memiliki tiga konsep inti yang perlu di ketahui. Apa saja, yuk simak!

3 Konsep Digital Marketing

Ada 3 hal yang perlu kamu pahami dalam digital marketing 

1. Audience-based Marketing

Salah satu kemampuan internet adalah dapat menjangkau seluruh orang di dunia secara merata dalam waktu bersamaan. Jika dulu informasi bersifat eksklusif, maka sekarang siapapun bisa mengakses informasi dimanapun dan kapan pun mereka inginkan. Kelebihan inilah yang mengakibatkan pemetaan target pasar bukan lagi hanya berdasarkan geografis, tetapi juga berdasarkan psikografi seperti interest, hobi, dan sebagainya.

Semakin kamu bisa membuat segmentasi audience berdasarkan hobi, kebiasaan, komunitas, maka akan semakin berhasil pula kamu di dunia marketing. Artinya, kamu harus fokus kepada target pasar dan juga audience.

2. Warming Up

Dasar dari digital marketing adalah audience, karena itu kamu harus melakukan warming up terlebih dahulu kepada audience. Membangun proses warming up memerlukan waktu yang tidak sebentar. Kamu perlu menunjukan kompetensi yang kamu miliki di depan calon pelanggan.

Kamu perlu menyakinkan pelanggan kenapa kamu layak untuk mereka percaya sebagai sebuah brand. Oleh karena itu, warming up dapat diartikan sebagai membangun TRUST atau kepercayaan konsumen.

3. Stadium Pitch atau Membangun List

Sesudah kamu melalukan proses warming up, maka tiba saat nya untuk membangun list atau stadium pitch. Stadium pitch meliputi, Seberapa besar dampak yang bisa kamu hasilkan dari kompetensi tersebut?

Misal, kamu melakukan investasi digitl. Lalu ada berapa banyak orang yang menjadikanmu sebagai panduan dalam memilih investasi yang baik.

Nah, disini jumlah merupakan kunci. Kamu harus bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang-orang untuk dapat memperbesar stadium pitch milikmu.

Bagi kamu yang ingin belajar digital marketing, bisa bergabung dengan saya di Campus Digital. Campus digital memberikan panduan memulai bisnis bagi pemula maupun profesional dan menyediakan sertifikasi digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan. Yuk, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami