Hanifi Puspasari

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

3 Rekomendasi LMS (Learning Management System) Terbaik

2 tahun yang lalu - By Hanifi Puspasari

Di tahun 2021 ini, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan LMS. Namun, sudahkah kamu menemukan LMS yang tepat? Jika belum, berikut ini 3 rekomendasi LMS terbaik untukmu

1. Moodle

Memiliki kepanjangan Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment, yang berfungsi untuk mengelola suatu sistem pembelajaran. Moodle memiliki 3 variasi, yaitu Moodle(dot)com, Moodle(dot)org, dan Moodlecloud.(dot)com.

  • Moodle.com : seseorang dapat melihat secara detail partner dan produk apa saja yang ada di Moodle
  • Moodle.org : merupakan situs berkumpulnya para pengguna Moodle, juga tempat untuk mengunduh plugin dan source code
  • Moodlecloud.com : untuk membuat platform pendidikan online berbasis web based

Kemudian, apa keunggulan dari Moodle?

Gratis dan Open Source

Intinya, pengguna dan administrator dapat dengan bebas menjalankan, membagikan, dan mengubah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, pengguna juga dapat berbagi versi yang terbaru, mengingat pengguna dapat mengunduh dan mengoperasikan Moodle secara cuma-cuma.

Kaya Fitur

Banyaknya fitur yang tersedia di Moodle menjadi salah satu alasan menggapa Moodle menjadi kegemaran banyak institusi dan perusahaan. Dengan adanya Moodle, seseorang bebas membuat konten pembelajaran yang lebih variatif sesuai keinginan mereka.

Pengguna dapat Mengakses Secara Offline

Tampa adanya jaringan internet, pengguna Moodle tetap dapat mengaksesnya. Inilah mengapa banyak pengguna menyukai Moodle.

Tampilan Sederhana

Tampilan navigasi dan deskripsi dalam Moodle terbilang sederhana namun tetap nyaman dipandang oleh mata.

2. Dokeos

Selain open source, Dokeos juga berbasis web, sehingga mudah untuk diapliksikan di berbagai macam lingkungan sistem. Dokeos juga telah memiliki banyak fitur yang mendukung kebutuhan kelas virtual, termasuk komunikasi suara. Namun, komunikasi suara tersebut masih satu arah saja

Hal-hal yang dapat dioperasikan oleh Dokeos meliputi pembagian materi pembelajaran, kalender, progres pembelajaran, percakapan melalui text/audio maupun video, administrasi tes, dan penyimpanan catatan penting. Sejak tahun 2004, Dokeos sudah memiliki 31 bahasa terjemahan dan memiliki pengguna lebih dari ratusan organisasi. Dokeos memiliki tujuan utama, yaitu menjadi sistem yang mudah beroperasi dan fleksibel.

Kelebihan lain dari Dokeos adalah adanya alarm atau peringatan mengenai materi pembelajaran terbaru. Sehingga siswa akan mengetahui materi dan tugas terbaru secara otomatis

3. Claroline

Claroline adalah LMS (Learning Management System) 'open source' berbasis PHP dan MySQL yang pada awalnya dikembangkan oleh UCL (Universitas Katolik Louvain) di Belgia pada tahun 2001. Proyek LMS yang dibiayain oleh Yayasan Louvain ini dikembangkan mengikuti pengalaman pedagogi dan kebutuhan pengajar.

Claroline mengalami peningkatan pengguna setiap tahunnya. Hingga kini, penggunanya meliputi ratusan institusi di seluruh dunia. Terdiri dari 800 referensi tempat, 84 kota, dan tersedia dalam 35 bahasa. Pesatnya perkembangan Claroline terjadi karena kelebihannya.

Kelebihan dari Claroline adalah software yang didesain sederhana untuk digunakan, tidak perlu teknik khusus dalam penggunaannya dan memerlukan Bandwith yang terbilang kecil. Kelebihan lain yaitu pengguna dapt mengakses media seperti agenda, latihan secara online, adanya forum dan ruang chat, dan juga wiki.

 

Dengan 3 rekomendasi LMS terbaik di atas, semoga pekerjaanmu semakin mudah dan efisien.

 Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami