Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #teknikclosing

3 Teknik Closing Marketplace yang Dapat Anda Gunakan!

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Saat ini, Facebook telah mengeluarkan fitur yang sangat memanjakan para penggunanya, yaitu mengenai teknik closing di marketplace Facebook. Khususnya, para pebisnis online yang harus mengetahui tentang Facebook Marketplace.

Apa Itu Facebook Marketplace?

Facebook Marketplace merupakan suatu fitur yang terdapat di dalam aplikasi Facebook dan memiliki logo ikon market. Fitur ini telah mengakomodasi aktivitas para pebisnis online yang tujuannya untuk melakukan promosi sekaligus transaksi jual beli.

Namun, sayangnya, Facebook Marketplace belum bisa seluruh pengguna nikmati keberadaannya, terutama pada mereka yang masih memiliki akun baru. Perwakilan Facebook di Indonesia, juga belum bisa memberikan alasan mengapa tidak semua orang dapat menggunakan fitur tersebut.

Maka, kami persilahkan untuk cek aplikasi Anda apabila sudah terdapat ikon marketplace tersebut. Di artikel ini, lebih spesifiknya, kami akan membahas tentang 3 (tiga) teknik closing di marketplace Facebook.

"Gan, stok barang yang ini masih ada ngga ya?"

"Kalau, untuk model yang ini harganya berapa?"

"Sist, kalau beli selusin, dapat spesial harga ngga ya?"

Mungkin, percakapan di atas, kerap kali Anda dengar sebagai seorang pebisnis. Sudah menjawab seluruh pertanyaan pelanggan, namun akhirnya tidak jadi untuk membeli.

Nah, maka dari itu, Anda harus mempelajari teknik closing yang tepat bagi Anda.

Apa Itu Teknik Closing?

Teknik closing merupakan suatu proses untuk mengakhiri transaksi antara Anda dengan pelanggan Anda hingga mencapai kata membeli. Dalam proses itu, Anda perlu mempersiapkan beberapa jawaban secara siap dan matang. Di bawah ini, terdapat beberapa pertanyaan yang hukumnya adalah wajib untuk Anda jawab, sebelum memasuki ke beberapa tahap closing.

1. Kenapa Orang Lain Harus Membeli Produk Anda?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang akan Anda sering jawab dari pelanggan Anda. Maka, persiapkan alasan yang tepat untuk Anda ketika ingin memberi tahu ke pelanggan Anda.

Contohnya, produk yang Anda jual lebih baik kualitasnya dilihat dari segi kulit dan lain-lain. Lalu, pengirimannya lebih cepat, lebih murah, mudah pelanggan untuk gunakan, dan sebagainya. Dengan adanya begitu, pelanggan Anda akan memiliki alasan kuat, kenapa harus memilih produk tersebut.

2. Bagaimana Cara Agar Pelanggan Percaya dengan Anda?

Membangun sebuah kepercayaan memang sulit, namun hal itu yang akan menjadi tantangan untuk Anda.

Tugas Anda saat ini adalah melakukan sesuatu yang bisa membangun kepercayaan pelanggan untuk produk yang Anda miliki.

Contohnya, menampilkan hasil testimonial, endorsement, produk yang memiliki sertifikasi, dan sebagainya. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini agar mempermudah kepercayaan untuk pelanggan Anda, di antaranya:

  • Selalu ramah dan fast respon
  • Membagikan sebuah tips yang bermanfaat
  • Memberikan sampel secara gratis

Selanjutnya, di bawah ini adalah 3 (tiga) teknik closing di marketplace Facebook.

1. Now or Never

Teknik ini dapat membuat pelanggan Anda secara spontan untuk menentukan pilihannya. Walaupun, terkesan agak memaksa, namun cara ini telah terbukti berhasil dari para pebisnis gunakan.

Contohnya, "Hai kak, untuk model yang seperti ini tadi telah ada yang menawarnya, kalau kakak khawatir kehabisan, lebih baik bisa beli sekarang".

2. Harga Dicoret

Teknik ini tidak jauh berbeda dengan teknik perbandingan, namun hanya saja terlihat lebih simpel. Anda hanya perlu mencantumkan harga yang saat ini sedang Anda tawarkan, lalu coret harganya dahulu.

Dengan adanya begitu, Anda akan memberi kesan bahwa harga yang Anda tawarkan jauh lebih murah. Terlebih lagi, apabila Anda menjual produk tersebut secara all in one. Tentu saja, banyak dari orang-orang yang akan tertarik.

[caption id="" align="aligncenter" width="271"]eknik Closing Marketplace Facebook "Harga Dicoret"[/caption]

3. Empati

Tak kenal, maka tak sayang. Mungkin istilah di atas, cocok sekali dengan teknik yang satu ini. Yesssh, benar, apabila Anda menunjukkan sisi empati Anda kepada pelanggan, maka mereka akan merasa bahwa Anda dapat mengerti dan memahami mereka. Anda juga dapat membangun kedekatan dengan pelanggan melalui teknik ini.

Contohnya, "Saya dulu juga begitu kak, merasa insecure memiliki badan yang pendek, namun setelah saya mencoba produk ini, saya menjadi lebih tinggi 5 cm dalam seminggu. Maka dari itu, saya sekarang sudah tidak insecure lagi memiliki badan yang pendek".

Itu lah beberapa teknik closing di marketplace Facebook yang membuat pelanggan ingin secara transfer. Selain itu, cara ini juga dapat meningkatkan omset bisnis Anda.

Untuk selebihnya, kunjungi website Campus Digital.

Hubungi Kami