Rizky Dwi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#sosial media

3 Trik Jualan di Instagram Bagi Pemula

2 tahun yang lalu - By Rizky Dwi

Jualan di instagram telah menjadi pilihan banyak pebisnis di era sekarang ini. Instagram, seperti yang sudah kita jetahui bersama, merupakan sebuah media sosial yang memberikan fitur-fitur bagi para penggunanya untuk saling berbagi foto maupun video.

Fitur tersebut tentunya dapat dimanfaatkan oleh pebisnis untuk menjual barang dagangannya. Namun, jualan di instagram juga memerlukan strategi khusus supaya produk yang kita jual dapat sampai ke target pasar yang tepat.

Bila Anda merupakan penjual pemula di instagram dan belum tahu bagaimana strategi jualan yang tepat, Anda tak perlu khawatir. Di sini kami akan memaparkan 3 trik jualan di instagram bagi pemula agar Anda dapat meraih hasil penjualan yang maksimal. Yuk, mari kita simak!

1. Buat Akun Khusus untuk Jualan

Trik pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat akun khusus jualan. Jangan sampai Anda menggunakan nama pribadi pada akun tersebut. Tujuan dari pembuatan akun khusus jualan ialah agar akun yang Anda buat lebih terlihat profesional dan tidak berkaitan dengan urusan personal.

Dalam membuat akun khusus jualan, lebih baik gunakan nama akun yang memuat 'kata kunci' yang biasa pengguna instagram cari. Misalkan Anda berjualan baju anak, maka akun yang Anda tulis adalah @bajuanak_smg atau @jualbajuanak.

Baca juga: Konten Digital Marketing: Jenis Beserta Manfaatnya

2. Gunakan Akun Bisnis

Setelah menggunakan akun khusus jualan, Anda dapat melakukan upgrade pada akun tersebut dengan menggunakan akun instagram bisnis. Akun bisnis akan lebih meyakinkan calon pelanggan bahwa akun Anda adalah akun profesional.

Selain itu, dengan menggunakan akun bisnis, Anda dapat melihat siapa saja pengguna instagram yang mengunjungi profil Anda. Dengan demikian, Anda dapat melakukan analisis mengenai seberapa besar minat konsumen pada produk yang Anda jual.

3. Mencari Followers Sesuai Target Pasar

Usai membuat akun, Anda dapat mencari followers yang sesuai dengan target pasar Anda. Misalkan Anda menjual baju anak, maka target followers Anda adalah ibu-ibu yang memiliki anak.

Cara mencari orang yang tertarik dengan produk Anda, dapat Anda lakukan dengan mencarinya di akun komunitas parenting, edukasi orang tua, perempuan, atau komunitas lain. Dengan langsung membidik target pasar semacam ini, Anda tidak akan membuang-buang waktu dan tenaga untuk mengikuti akun yang tidak tertarik dengan produk Anda.

Itulah 3 trik jualan jualan di instagram bagi pemula agar Anda dapat meraih hasil penjualan yang maksimal. Bila Anda ingin belajar lebih dalam terkait ilmu digital marketing, mari segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

 

Hubungi Kami