Ni Kadek Sinta

Kontributor

2 tahun yang lalu


#shopee #marketplace #bisnis #bisnis online

4 Cara Riset Kata Kunci di Shopee

2 tahun yang lalu - By Ni Kadek Sinta

Di zaman yang serba digital ini, Shopee hadir sebagai salah satu marketplace yang banyak digemari segala rentang usia. Masyarakat mulai sadar dan paham akan transaksi berbasis digital. Hal ini membuat persaingan antar seller menjadi sangat ketat. Oleh karena itu, seller perlu mencari peluang dan mengoptimalkan serta wajib tahu cara riset kata kunci di Shopee.

Berbicara terkait kata kunci, tentu sudah sangat lumrah di kalangan seller Shopee. Terdapat dua fakta menarik mengenai jenis orientasi penjualan shopee yang dapat disebut berhasil, yakni:

  • Seller yang berhasil sebab produk berkualitas, harga yang dapat bersaing serta kerap mengadakan promo
  • Seller yang berhasil mengoptimalkan peluang kata kunci dan memahami SEO Shopee

Jika Anda rasa tidak mampu memenuhi dengan jenis yang pertama, maka Anda bisa mencoba yang kedua. Terlebih lagi penjual pemula dalam marketplace besar ini, dengan kuantitas yang masih sedikit tentu akan mengalami kesulitan untuk bersaing.

Melihat fenomena yang terjadi seperti demikian, maka sangat penting untuk mengetahui terkait kata kunci di Shopee. Para seller pemula tentu saja akan merasa sedikit sulit untuk menyaingi seller lama yang tentu saja lebih unggul dari segi kuantitas maupun kualitas. Maka dari itu kami akan memberitahu Anda bagaimana belajar riset kata kunci di Shopee untuk meningkatkan performa toko.

cara riset kata kunci di shopee Seo concept illustration Free Vector

4 Cara Riset Kata Kunci di Shopee

Melakukan riset bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan cukup waktu agar hasil optimal. Segala instrumen penunjang seperti toko, keyword toko ataupun hastag perlu menjadi pertimbangkan dengan baik. Anda perlu melakukan riset terhadap beberapa hal, yakni

Pelajari Keyword Nama & Username Toko Shopee

Sebagai seorang penjual Anda perlu mengetahui dan memilih Nama serta Username toko. Ini dinamakan menciptakan Branding untuk toko, agar mudah diingat dan dikenal para pembeli. Lalu, buatlah Username yang kreatif, menarik dan Brandable. 

2. Analisis Kata Kunci Produk di Shopee

Dalam langkah ini, Anda dapat menggunakan bantuan Tools gratis yang tersedia di internet. Adapun tujuan dari riset kata kunci ini adalah guna mengetahui produk yang sekiranya memiliki peluang untuk laku dan menghasilkan laba. Anda harus memperhatikan beberapa hal, yakni: produk dengan pembelian terbanyak, produk terlaris dengan menggunakan Google Trends, serta riset produk terlaris menggunakan survei.

3. Riset Kata Kunci dan Nama Produk di Shopee

Riset kata kunci dan nama produk adalah bagian terpenting dalam upaya peningkatan penjualan. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah kenali produk Anda sendiri, dengan melakukan analisis keunggulan serta kelemahannya. Lalu gunakan Shopee Keyword Relates Search untuk mengetahui produk apa yang kerap dicari pembeli dan terkait dengan nama Shopee.

4. Cari tahu Hastag di Shopee

Hastag merupakan salah satu bagian dari SEO Shopee. Hastag memiliki fungsi guna memudahkan sistem Shopee meriset apa yang tengah dicari pembeli. Anda dapat memanfaatkan Shopee hastag autocomplete untuk membantu mengoptimalkan riset Anda.

Bagaimana? Sungguh mudah bukan? Sekarang Anda dapat mencobanya sendiri, semoga membantu!

Untuk selebihnya, kunjungi website Campus Digital.

 

Hubungi Kami