Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#digitalmarketing # pemasaran digital

4 Dasar Strategi Pemasaran Bagi Pemula

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

4 Dasar Strategi Pemasaran Bagi Pemula

4 Dasar Strategi Pemasaran Bagi Pemula - Apa itu strategi pemasaran? Strategi pemasaran merupakan salah satu upaya untuk memasarkan suatu produk. Berupa barang atau jasa, menggunakan pola rencana sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Untuk menjual suatu produk, seseorang harus mempunyai dan memahami dasar strategi pemasaran agar dapat mengembangkan usahanya. Tanpa strategi pemasaran tentunya akan mengalami kesulitan dalam memasarkan produkmu.

10 Jenis Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Dalam merintis usaha, seseorang memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah strategi pemasaran produk yang bisa kamu lakukan:Kenali pasar atau pelanggan

Mengenali pasar merupakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan pertama kali. Karena pasarlah yang akan memakai produk kamu. Lalu bagaimana cara mengenali pasar?

Baca juga Mengenal Berbagai Marketplace di Indonesia

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mengetahui sasaran pelanggan yang aka memakai produk kamu. Misalnya kamu bergerak di bidang fashion remaja, maka sasaran yang kamu pilih adalah remaja dengan usia 15-25 tahun. Semakin kecil target yang kamu pilih, maka peluang untuk sukses di pasar tersebut akan semakin besar.

Memilih Lokasi Pemasaran Yang Tepat

Lokasi pemasaran juga menjadi hal penting dalam berbisnis karena dalam menjalankan bisnis kamu pasti memerlukan lokasi yang strategis untuk memasarkan produk. Misalnya, apabila target pasar kamu adalah mahasiswa , maka kamu harus memilih lokasi yang dekat dengan kampus tersebut. Semakin dekat lokasi dengan target pasar, maka akan semakin mudah orang tersebut untuk menjangkau produk kamu.

Manfaatkan Media Sosial

Di era digital hampir semua orang sudah mempunyai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Tik Tok. Kamu bisa memasarkan produk kamu lewat media sosial tersebut. Hal ini menjadi cara yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk.

Mengapa demikian? Karena melalui media sosial, kamu bisa menjangkau banyak pelanggan serta memudahkan berinteraksi dengan banyak pelanggan di luar sana. Semakin banyak orang yang melihat produk kamu, maka potensi pelanggan yang kamu dapatkan juga semakin besar

Menawarkan Promo Yang Menarik

Saat ini banyak pelanggan yang menyukai promo, misalnya dengan pemberian diskon 60% untuk semua produk yang mereka jual. Namun jangan lupakan kamu juga harus memperhitungkan untung dan ruginya.

Dengan adanya diskon, seseorang yang awalnya tidak tertarik kemungkinan bisa tertarik dengan produk kamu dan dari yang awalnya hanya mencoba-coba bisa menjadi pelanggan tetap dalam bisnis yang kamu jalani.


Kunjungi juga Campusdigital

Hubungi Kami