Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Kontributor

2 tahun yang lalu


#contentmarketing # digital marketing dalam bisnis startup # digitalmarketer

4 Faktor dalam Membangun Loyalitas Pelanggan

2 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang mempunyai dan mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggannya. Setiap bisnis yang ingin terus bertahan harus dapat menciptakan pelanggan yang loyal. Pelanggan yang loyal mengurangi biaya promosi dan biaya akuisisi pelanggan baru yang seringkali jauh lebih besar.

Dengan mempunyai pelanggan lama yang tetap loyal, kita tidak perlu melakukan proses edukasi untuk meyakinkan mereka membeli atau menggunakan produk kita. Yang perlu kita lakukan adalah menginformasikan produk terbaru yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan menjaga hubungan bisnis yang sudah tercipta. artinya bahwa mencari pelanggan baru itu penting, namun lebih penting lagi adalah bagaimana mampu menjaga kepuasan pelanggan lama.

Lantas apa saja hal yang membuat loyalitas pelanggan bisa tercipta, berikut faktornya :

1. Adanya Perhatian dari Merek (Caring)

Pelanggan adalah elemen dari bisnis, sehingga masukan pelanggan harus bisa kita akomodir sebagai bentuk pengembangan bisnis. Anda sebagai pemilik bisnis juga harus menjadikan produk sebagai solusi dan harapan dari permasalahan pelanggan.

Selalu gali insight (masukan) dari pelanggan terkait produk. Survei dan riset mengenai kebutuhan pelanggan akan layanan atau produk kita. Lengkapi produk dengan fitur baru dan evaluasi secara berkesinambungan agar produk yang dibuat sesuai dengan apa yang pelanggan mau.

2. Terciptanya Kepercayaan Terhadap Merek (Trust)

Tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Kepercayaan adalah sebuah keyakinan atas janji yang ditunaikan, jadilah produk yang memberi lebih terhadap harapan pelanggan.

Beri lebih, itu kuncinya. Lebih yang dimaksud tidak perlu muluk-muluk. Salah satunya beri pelanggan bonus pada item produk yang diminta. Atau sekedar mengupgrade paket pengiriman sehingga pelanggan mendapat kejutan ketika barang yang dipesan sampai lebih cepat.

3. Merek Sebagai Pelindung (Protect)

Pada bagian ini, pelanggan merasa bahwa layanan atau produk yang Anda berikan adalah bagian melekat yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Tingkat ketergantungan yang dirasakan mereka terhadap produk Anda sangat tinggi. Di bagian ini, mereka merasa Anda sudah cukup untuk menjadi pemenuh kebutuhan mereka.

Jalin komunikasi antara merek dan pelanggan, bangun kedekatan dan ciptakan ketergantungan yang membuat pelanggan menjadikan produk sebagai sebuah kenyamanan dan pelindung. Jadilah yang paling bisa dihandalkan sehingga tidak ada niatan dari pelanggan untuk berpaling ke produk lain.

4. Kepuasan Terus Menerus (Continous Satisfaction)

Kualitas produk harus senantiasa dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Rekomendasi dan kesetiaan akan otomatis muncul jika Anda bisa memberikan kualitas yang sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Bagaimana cara menciptakan kepuasan yang terus menerus? Salah satunya adalah dengan membuat standardisasi yang sama di setiap produk. Contohnya di bisnis kuliner, racikan masakan yang dirasakan di setiap kesempatan dan tempat haruslah sama. Baik komposisi maupun sambalnya.

Untuk para penyedia layanan jasa, kualitas kerja dan layanan yang diberikan haruslah semakin baik dan selalu up-to-date, sehingga kualitas yang kita berikan kepada pelanggan tetap terjaga.

Kunjungi Campus Digital untuk informasi lainnya.

Hubungi Kami