Herlinda Nur

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #marketplace #media sosial

5 Cara Membuat SEO Youtube Agar Videomu Trending!

2 tahun yang lalu - By Herlinda Nur

5 Cara Membuat SEO Youtube Agar Videomu Trending!

Seperti halnya dengan Google, Youtube juga dapat menggunakan SEO untuk melakukan optimasi pada video yang diunggah. Karena pengguna harus memasukkan kata kunci untuk menemukan video yang dicari. Maka dari itu kita harus membuat kata kunci yang tepat agar video yang kita unggah dapat memiliki penonton yang tinggi. SEO youtube juga mempunyai konsep yang sama dengan SEO website yaitu harus melakukan optimasi pemberian keyword, tag, dan lain sebagainya.

Jika Anda dapat mengoptimalkan video dengan menerapkan beberapa teknik dari SEO Youtube, video yang Anda unggah akan lebih mudah muncul di pencarian Youtube mengingat platform ini juga milik Google. Untuk itu mari kita cari tahu hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat SEO Youtube, diantaranya:

Riset Keyword yang Mendalam
  1. Hal yang harus Anda lakukan yaitu melakukan riset keyword atau kata kunci. Kata kunci yang Anda gunakan sebaiknya sesuai dengan isi video yang Anda unggah. Kata kunci juga dapat menarik penonton baru atau juga dapat mempertahankan penonton setia kanal Youtube Anda. Pemilihan tema dan kata kunci harus sesuai, misal Anda akan membuat video dengan tema makanan, kata kunci nya bisa nama makanannya, mereknya, dan lokasinya.
  2. Anda bisa mengetahui kata kunci yang sedang trending dengan mencari di Google Trend atau Ubersuggest. Menggunakan tools tersebut, Anda dapat mengetahui kata apa yang paling sering orang cari belakangan ini dan Anda juga bisa menemukan saran untuk kata kunci yang lain.
Video dengan Kualitas Terbaik
  1. Sama halnya dengan Google, video yang berada di peringkat teratas Youtube adalah video yang memiliki kata kunci yang relevan. Setelah menentukan kata kunci, kita juga harus memperhatikan video yang akan kita unggah. Kita harus membuat video dengan konten yang menarik dan pastinya dengan kualitas yang baik agar penonton nyaman untuk menonton hingga videonya habis. Karena semakin lama penonton menonton video Anda sampai habis, maka semakin tinggi juga peluang video Anda naik peringkat di Youtube.
Optimasi Semua Elemen Video
  1. Kita harus melakukan optimasi semua elemen video agar dapat meningkatkan peringkat video kita. Hal yang harus Anda perhatikan antara lain penamaan file video dengan kata kunci yang telah kita tentukan. Kemudian melakukan pengoptimasian deskripsi video. Kita juga harus menggunakan tags yang relevan dengan isi konten kita. Tak lupa untuk gunakan thumbnail yang dapat menarik perhatian penonton agar menonton video Anda.
Terus Promosikan Video Anda
  1. Algorita Youtube tentu saja berbeda dengan Google, dan selalu berubah dari waktu ke waktu. Maka dari itu kita tidak bisa hanya bergantung pad SEO Youtube saja. Kita juga harus mempromosikan video kita di platform lain dengan membagikan tautan link video. Kita juga harus rajin membagikan tautan link video kepada teman, kerabat, maupun keluarga agar penonton video Youtube yang kita unggah dapat meningkat.
Memanfaatkan Youtube Analytics
  1. Untuk mengevaluasi, Anda bisa menggunakan Youtube Analytics untuk mendapatkan data jumlah penonton, jumlah subscibers,, waktu tonton, hingga engagement setiap video. Menggunakan data-data tersebut, Anda dapat menganalisis hal-hal apa yang perlu Anda ubah atau pertahankan dalam pembuatan video selanjutnya.

Nah itu dia 5 cara membuat SEO Youtube, kamu bisa langsung mencobanya yaa dengan cara-cara tersebut. Jangan lupa untuk selalu membuat konten video yang menarik dan berkualitas tentunya. Jika masih ingin mengetahui lebih lanjut mengenai SEO Youtube, Anda bisa langsung mendaftarkan diri menjadi bagian dari Campus Digital Indonesia. Klik disini untuk mendaftar.

 

Hubungi Kami