Ni Kadek Sinta

Kontributor

2 tahun yang lalu


#konsepdigitalmarketing #marketplace #seo #wabsite

5 Cara Riset Kata Kunci di Google

2 tahun yang lalu - By Ni Kadek Sinta

 

Optimization and keyword searching isometric composition with character holding magnifying glass illustration Free Vector

Pada umumnya para seller kurang paham mengenai cara riset kata kunci di Google secara benar. Padahal. riset terhadap kata kunci memiliki manfaat yang penting dilakukan di tengah transaksi yang berbasis digital kini.

Riset pada kata kunci atau keyword, dapat membantu seller untuk mengoptimalkan konten toko. Anda dapat berada pada laman utama pencarian Google. Hal ini akan membantu pencari di Google untuk meng-klik konten Anda.

Pada tulisan ini, kami akan membahas mengenai cara melakukan riset kata kunci di Google agar berhasil muncul di laman pertama Google. Jangan khawatir! Kami akan memberi penjelasannya.

Search engine concept illustration Free Vector

5 Cara Riset Kata Kunci di Google Secara Optimal

1. Pelajari Topik dari Konten Anda

Apabila Anda ingin meriset kata kunci dengan Keyword Tool, Anda harus mengetahui topik dari konten Anda terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mencari ide-ide yang 'unik' sebagai upaya strategi pemasaran atau SEO.

Kami akan memberikan beberapa tips dalam mempelajari topik konten Anda dalam upaya riset kata kunci:

  • Lakukan interaksi dengan pengunjung website Anda, lemparkan pertanyaan terkait kata kunci saat mencari produk Anda
  • Tempatkan diri sebagai pengunjung dan gunakan 'perspektif pengunjung'
  • Bergabung dalam komunitas yang sesuai dengan konten Anda


2. Buat Kata Kunci yang Relevan

Setelah mengetahui topik dari konten Anda, cobalah membuat daftar atau list terkait istilah yang relevan dengan topik pada konten.

Misalnya, topik Anda terkait dengan 'jual pakaian wanita', maka buatlah daftar-daftar dengan topik tersebut.

Anda dapat membuat daftar-daftar yang relevan untuk memudahkan dalam riset kata kunci. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tempat domisili supaya lebih spesifik.

3. Buat Daftar Seed Kata Kunci

Setelah melakukan riset dan menemukan kata kunci yang relevan, langkah berikutnya adalah membuat seed keyword.

Belum banyak yang mengetahui tentang apa itu seed keyword. Seed keyword merupakan kata kunci fokus. Dengan kata lain yakni kata kunci yang menjadi unggulan dari beberapa kata kunci yang telah Anda dapatkan sebelumya.

Kata kunci ini memiliki kedudukan yang penting sebagai dasar dari riset keyword. Seed keyword ini juga dapat diumpamakan sebagai kata-kata yang sekiranya paling banyak dicari di Google.

4. Manfaatkan Keyword Tools yang Bagus

Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan keyword tools dalam mengoptimalkan riset. Terdapat banyak sekali tools tanpa berbayar yang dapat Anda gunakan di Google.

5. Pelajari Mengenai Kompetitor

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, Anda dapat melakukan langkah terakhir yakni mencari tahu mengenai kompetitor. Dengan langkah ini Anda dapat mengetahui upaya yang dilakukan kompetitor baik itu terkait kelemahan, kelebihan, ataupun strategi SEO yang mereka gunakan.

Bagaimana? Mudah bukan? Anda dapat mempraktekannya sekarang!

Untuk selebihnya, kunjungi website Campus Digital.

Hubungi Kami