Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#searchengine #seo #digitalmarketing #digitalstrategy #campusdigital

5 Langkah Awal Belajar SEO

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Di dunia digital, pasti Anda sudah tidak asing lagi mendengar kata SEO, salah satu teknik digital marketing yang perlu Anda perhatikan untuk mampu mengembangkan bisnis pada era sekarang. Dengan menggunakan SEO, Anda bisa mendapatkan traffic secara gratis/organic tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Bahkan, bila traffic yang datang memiliki intensi untuk convert, SEO bisa meningkatkan conversions sehingga membuat bisnis Anda semakin berkembang. Maka dari itu penting bagi Anda sebagai pebisnis, belajar SEO sejak awal untuk dapat survive di era digital saat ini.

Tanpa SEO, memungkikan bisnis Anda akan stagnan. Bagi Anda yang belum tahu, saat ini Google menjadi salah satu mesin pencari yang memiliki pasar lebih besar daripada search engine lainnya seperti Yahoo, Bing, DuckDuckGo, Baidu, dan lainnya. Menurut data Search Engine Market Share pada bulan desember 2022, Google memiliki pangsa pasar sebesar 92,57%, persentase ini berada jauh di atas Bing dengan 3,04% dan Yahoo 1,24%. Dari data tersebut, sangat disayangkan bila Anda tidak mampu memanfaatkan SEO dengan optimal

Bagi seorang pemula, tentu akan bingung bagaimana cara belajarnya. Anda tidak perlu khawatir, artikel ini akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai belajar SEO.

1. Mengerti definisi SEO dengan cermat

Menurut Neil Patel, SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. SEO adalah sebuah proses untuk membantu situs atau konten Anda mampu berada pada peringkat atau halaman pertama di Google. Kembali lagi pada penjelasan awal, Google menjadi search engine terbesar saat ini. Faktanya, menurut Neil Patel 75% pencarian online dimulai dari Google.

Banyak dari pengguna internet sudah pasti akan mencari informasi melalui Google dengan beraneka ragam keyword. Sebagai contoh, ketika ingin mencari resep ayam kecap. Otomatis, ia akan mencari keyword-keyword seperti “resep ayam kecap”, “cara membuat ayam kecap”, dll.

Dari sinilah SEO memiliki peranan penting untuk membuat konten Anda berada pada peringkat terbaik search engine seperti Google. Sebisa mungkin untuk memilih keyword yang tepat serta membuat konten memiliki kualitas yang bagus sehingga mampu menjawab pertanyaan dari para user.

SEO tidak hanya berakhir bila website Anda sudah berada pada peringkat atau halaman pertama di situs pencari. Peringkat yang semakin tinggi itu harus mampu membawa traffic yang bisa mencapai tujuan bisnis dari website Anda.

2. Mengenal cara kerja mesin pencari

Memahami pengertian SEO saja tidaklah cukup. Anda juga perlu memahami bagaimana cara kerja search engine dalam menemukan dan menempatkan suatu konten di Search Engine Result Page (SERP). Hal ini sangat penting agar Anda dapat membuat konten yang memuaskan search engine sekaligus para user.

Mungkin Anda sudah mengerti kalau di Google terdapat ratusan hingga jutaan situs yang menyajikan berbagai macam informasi bagi user. Tugas dari search engine yaitu meninjau jutaan situs tersebut dan memutuskan situs yang kontennya relevan dan berkualitas bagi para pengguna.

Kemudian, bagaimana cara Google melakukan hal itu? Ada tiga istilah yang perlu Anda ketahui:

  • Crawling: Google memiliki sebuah robot yang bernama crawler untuk menemukan konten-konten yang berada pada search engine. Dari semua konten yang ditemukan, crawler akan memilah konten yang berkualitas dan relevan sesuai keyword yang user cari.
  • Indexing: Setelah menemukan konten yang relevan, Google akan menyimpan informasi yang ditemukan pada proses crawling dan memprosesnya untuk disajikan bagi query yang relevan. Pada proses ini, penting bagi pemilik website untuk memperbaiki situs-situsnya agar bisa terindeks dengan baik oleh Google.
  • Ranking: Google akan membuat ranking untuk halaman yang paling relevan dan berkualitas pada peringkat yang terbaik. Artinya, hasil akan diurutkan sesuai tingkat relevan daro suatu konten dan kualitasnya.

Baca Juga: Belajar SEO Blogger Pemula

3. Mempelajari aktivitas-aktivitas kunci SEO

Apa saja aktivitas pada SEO yang perlu Anda pelajari? 

  • On-page content optimization
  • On-page technical
  • Off-page optimization

Aktivitas kunci SEO itu berdasarkan dari cara kerja mesin pencari, sehingga aktivitas harus Anda lakukan supaya mendapatkan hasil yang maksimal di search engine.

4. Pelajari keyword research

Keyword research adalah suatu proses mencari keyword yang relevan untuk topik tertentu yang user cari melalui search engine. Dalam menentukan keyword, Anda bisa menggunakan beberapa tools berbayar seperti Ahrefs, SEMrush, hingga Google Keyword Planner. 

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan Google Trends dan media sosial untuk mencari keyword secara gratis. Menggunakan keyword yang relevan dengan apa yang sedang user cari untuk topik tertentu akan membantu konten Anda mendapatkan peringkat yang bagus pada SERP.

Sebagai gambaran Anda, terdapat beberapa jenis keyword yang harus Anda ketahui:

  • transactional, keyword yang biasanya user cari untuk melakukan sebuah transaksi pembelian
  • informational, keyword yang dipakai untuk mencari suatu informasi dari mesin pencari
  • navigational, keyword umumnya dipakai ketika user ingin langsung menuju ke situs, tetapi tidak mengetahui domainnya

5. Mempelajari SEO tools

Tidak hanya belajar mengenai dasar saja, Anda juga perlu memahami tools-tools yang mampu mendukung aktivitas SEO. Dengan SEO tools, Anda dapat membaca data dan mengolahnya dengan baik serta melakukan riset kompetitor dengan cermat. SEO tools ini juga mampu mempermudah aktivitas SEO Anda.

Berikut ada beberapa SEO tools yang wajib Anda ketahui:

  • Google Analytics, tools ini berfungsi untuk memonitor traffic yang masuk ke dalam situs Anda. Tidak hanya itu, tools ini juga bermanfaat untuk mengidentifikasi bounce rate serta keyword potential
  • Google Search Console, tools berguna untuk mencari keyword potential dalam situs, melakukan indexing, hingga sitemap
  • Screaming Frog, tools ini berfungsi untuk melakukan crawl situs Anda serta memonitoring error yang terjadi di dalamnya
  • Ahrefs, SEMrush, Google Keyword Planner, tools ini bermanfaat untuk melakukan keyword research

Itulah lima langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk belajar SEO. Semoga cara tersebut bisa membantu bisnis Anda untuk berkembang. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih dalam terkait digital marketing, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami