Aqmal Mahissa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#media sosial #Fb

5 Rahasia Jualan Laris di Facebook

2 tahun yang lalu - By Aqmal Mahissa

5 Rahasia Jualan Laris di Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia. Dengan 2.4 milliar pengguna aktif, Facebook memeiliki potensi untuk berjualan di paltform tersebut. Sudah banyak sekali orang yang terbukti sukses berjualan hanya melalui Facebook sebagai media pemasarannya tetapi banyak yang tidak tau cara yang tepat dalam berjualan di Facebook. Artikel ini akan membahas rahasia jualan laris di Facebook. Berikut 5 Rahasia jualan laris di Facebook.


Pelajari Target Pasar

Dalam berjualan di Facebook kita juga memiliki pesaing yang banyak sekali. Jika ingin berbeda, maka anda perlu mengetahui target pasar mana yang ingin anda bidik. Misal kami menjual dress wanita. Target pasar yang kita tuju adalah wanita millenial. Wanita millenial kemungkianan akan sibuk pada pagi dan siang hari karena sedang bekerja. Ini artinya mereka akan online di sore dan malam hari. Ini memungkinkan anda untuk mengunggah artikel ke produk dress saat target pasar anda sedang online.

Anda juga dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa konten anda, baik itu feminin, elegan, atau berkelas. Dengan meneliti target pasar Anda, Anda juga dapat menentukan kisaran harga produk, memastikan Anda menarik pembeli potensial.


Manfaatkan Marketplace

Karena banyaknya penjual online di platform, Facebook telah merevolusi bentuk fitur halaman penjualan khusus yang dikenal sebagai Marketplace. Seperti e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, Facebook Marketplace ditampilkan di layar sederhana. Semua barang yang dijual di Facebook Marketplace ini akan ditampilkan dengan nama penjual, foto barang, lokasi, harga, dan tentunya deskripsi produk. Di mana fitur pasar? Jika Anda masuk ke akun Facebook melalui PC, itu akan berada di sisi kiri halaman.

Saat Anda masuk ke Facebook dari aplikasi, fitur pasar ini ada di opsi menu. Saat halaman Marketplace ditampilkan, Anda dapat mulai menjual atau mencari barang yang ingin Anda beli. Hanya saja, tidak seperti e-commerce, Facebook tidak menawarkan pilihan metode pembayaran di pasar. Selanjutnya, penjual dan pembeli harus bertemu untuk menyelesaikan transaksi. Atau, sebagai penjual, Anda harus menanggapi dan memberikan metode pembayaran, baik melalui transfer bank, e-niaga, atau kurir.

Group Jualan di Facebook

Agar produk makin dikenal dan berpotensi terjual banyakdi Facebook adalah dengan mencari grup yang sesuai. Facebook memilki jutaan grup yang tersedia. Anda bisa bergabung di grup para penjual barang yang anda ingin jual seperti grup menjual dress. Tujuannya sjuga untuk lebih mendalami behaviour dan tingkat interest target market kamu.

Logikanya, untuk sekelompok orang yang ingin membeli gaun, barang tersebut lebih berpeluang untuk dijual. Anda juga dapat bergabung dengan grup khusus penjual online di setiap wilayah untuk membuat pengiriman lebih nyaman.

Pelajari Copywriting

Anda dapat mempertimbangkan untuk mempelajari teknik menulis. Anda dapat menyewa seorang copywriter untuk membuat konten dari produk anda. Tidak seperti penulisan konvensional, penulisan teknis memungkinkan siapa saja untuk menjual produk dengan konten tertulis yang menarik dan membuat orang membeli produk tersebut. Dengan teknologi penulisan yang tepat, mustahil untuk tidak memilih produk hanya karena deskripsi atau caption yang Anda pilih dimuat ke dalam benak calon pembeli. Teknik copywriting juga dapat memengaruhi calon pembeli tanpa harus menggunakan kata-kata yang tidak terjual untuk didengar semua orang.

Gunakan Facebook Ads

Tentu ada beberapa yang harus kita evaluasi, apalagi mengingat kalau bisnis kita masih pendatang baru. Meningkatkan brand-awareness merupakan salah satu tantangan dalam branding. Anda bisa memanfaatkan layanan Facebook Ads jika ingin menaikkan brand awareness.

Besaran biaya Facebook Ads ini tergantung dengan seberapa luas jangkauan target pasar serta CPC (Cost Per Click) atau biaya per klik yang anda inginkan. Tentunya makin banyak orang yang mengklik iklan Anda, biaya yang anda keluarkan bisa makin terjangkau. Facebook Ads sendiri mampu memaksimalkan kebutuhan jualan online di platform tersebut. Hanya saja selayaknya pasang iklan, Anda tentu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar jasa Facebook Ads ini.

Kita juga bisa mempelajari lebih dalam lagi dunia digital marketing. Campus Digital disini memberikan solusianya dengan memberikan materi seperti FB/IG ads, social media marketing, marketplace, SEO dasar dan masih banyak lagi. Dengan kita meningkatkan skill kita di Campus Digital, maka kita bisa memperkaya ilmu dan bisa berjualan di Facebook lebih laris lagi.

 

Hubungi Kami