Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite #seo

7 Tools Dasar Digital Marketing yang Wajib Diketahui

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Tools Dasar Digital Marketing - Buat kamu yang ingin menjadi digital marketer yang handal, selain memiliki skill dalam digital marketing kamu juga harus memiliki keahliah dalam mengoperasikan tools-tools dalam digital marketing.

Berikut 7 tools dasar Digital marketing yang wajib kamu tahu, yuk simak!

1. Google Analytics

Sebagai seorang digital marketing, tentu nya kita akan sering berinteraksi, memantau dan menganalisis perkembangan website atau blog kita. Kunjungan (traffic) dan konversi pengunjung menjadi dua hal yang penting untuk diketahui dalam sebuah website. Salah satu alat yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan data tersebut adalah Google Analytics

2. Google Ads

Dalam bisnis online, menjadi nomer satu di mesin pencari google merupakan tujuan utama bagi setiap digital marketer. Kamu dapat menggunakan Search Engine Marketing (SEM) untuk bisa memenangkan persaingan di search engine google. Google Ads memungkinkan pengiklan menawar keywords tertentu yang sesuai untuk bisnisnya dengan tujuan agar iklan tersebut bisa muncul pada hasil pencarian Google. 

3. Twitter Ads

Twitter menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan oleh para digital marketer untuk mengembangkan bisnis. Fitur iklan di Twitter menawarkan beberapa pilihan, seperti promoted Tweets, Promoted Accounts, dan Promoted Trends. Selain itu, Twitter juga menawarkan iklan dengan format website cards yang bisa digunakan untuk mendatangkan pengunjung ke website dan ajakan untuk mengunduh aplikasi.

Walaupun pengguna di Twitter tidak sebanyak di Instagram dan Facebook, namun untuk sebagian target pasar, Twitter dapat menjadi pilihan yang ekslusif dan tepat dalam hal promosi online.

4. Facebook Ads

Selain Twitter Ads, Facebook juga memiliki fitur Facebook Ads. Fitur ini banyak digunakan oleh digital marketer untuk menjangkau konsumen mereka yang berada diluar wilayah jangkauan nya. Dengan menggunakan Facebook Ads, kamu dapat membidik audience di Facbook yang sesuai dengan target pasar bisnismu.

Segmentasi audience bisa berdasarkan letak demografis, lokasi, minat (interest), dan perilaku (behaviours) konsumen.

5. VidiQ

Video adalah salah satu strategi marketing yang banyak di gunakan saat ini. Adanya Youtube sebagai platform video sharing terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk itu, sebagai seorang digital marketer, penting bagi kamu untuk tetap memantau perkembangan channel Youtube bisnismu.

Oleh karena itu, tools VidiQ ini akan membantu kamu untuk bisa memantau dan mengelola channel Youtube bisnis yang kita kelola, melalui optimasi Youtube SEO, dan dashboard monitoring insight video, yang memuat engangement viewers, social media, video tag, dll

6. Hootsuite

Sebagai seorang pembisnis, kamu tentu sudah terbiasa memantau segala aktivitas bisnismu atau klien melalui social media. Apalagi jika kamu memiliki akun di beberapa platform seperti Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, dll.

Dengan beberapa channel sosial media yang kamu miliki, tentu nya akan membutuhkan platform manajemen social media terpusat. Hootsuite dapat kamu gunakan untuk memanajemen semua channel tersebut dalam satu platform saja.

7. Mailchimp

Satu lagi tools digital marketing yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu email marketing tools seperti Mailchimp. Mailchimp adalah tools email marketing yang banyak digunakan oleh digital marketer untuk bisnis. Jadi, dengan menggunakan Mailchimp, kamu dapat mengirim ratusan hingga ribuan email secara otomatis bahkan tanpa biaya atau gratis secara bersamaan.

Let`s join di Campusdigital

Hubungi Kami