Pendri Putra Permana

Publisher

1 tahun yang lalu


#sertifikasibnsp

Alur dan Tahapan Sertifikasi BNSP

1 tahun yang lalu - By Pendri Putra Permana

Mengetahui tahapan sertifikasi BNSP sangat penting bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan suatu perusahaan atau memiliki profesi tertentu yang memang membutuhkan sertifikasi khusus. Di samping para pegawai, hal ini juga wajib dipahami oleh masyarakat umum yang memang hendak mendapatkan sertifikasi BNSP. Beginilah, Alur dan Tahapan sertifikasi BNSP.

Baca Juga : Pentingnya Sertifikasi BNSP


Tahapan Pengajuan Sertifikasi BNSP

Mengajukan sertifikasi BNSP tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda perlu melalui beberapa alur dan tahapan sertifikasi BNSP yang semuanya harus bisa di selesaikan dengan baik demi mendapatkan sertifikasi. Itu sebabnya, Anda perlu melakukan persiapan yang matang terkait Persiapan dan Permohonan Calon Asesi untuk Mendapatkan Sertifikasi BNSP, agar seluruh proses mendapatkan sertifikasi ini bisa Anda lalui dengan cepat dan mudah.

Tahapan Pra-Assessment

Ada tahapan yang perlu Anda lalui dalam melakukan Uji Kompetensi Standar BNSP. Tahap pertama yang harus di lalui jika Anda ingin mendapatkan sertifikasi profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) adalah dengan melalui proses pra-assessment terlebih dahulu. Tahapan ini berbentuk proses wawancara atau tanya jawab secara lisan maupun tulisan yang perlu Anda jawab dengan baik sesuai kriteria BNSP.

Uji Kompetensi Tes Tulis

Jika telah di nyatakan lolos pada tahap pra-assessment, maka Anda berhak mengikuti uji kompetensi tes tulis. Dalam tes ini, materi yang di ujikan sesuai bidang profesi Anda. Sementara yang menjadi penguji adalah orang yang di tunjuk dan telah memiliki lisensi dari BNSP. Uji tes tulis ini biasanya memiliki beberapa tingkat kesulitan, sehingga Anda harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menyelesaikan soal tersebut. 

Uji Kompetensi Tes Praktik

Setelah melakukan tes tulis, skema sertifikasi BNSP berikutnya yang harus di lalui peserta adalah melakukan tes praktik sesuai profesi. Jika Anda seorang guru, maka Anda akan melakukan uji praktik mengajar di depan para penguji resmi yang telah berlisensi. 

Pengumuman

Setelah lolos dari pra-assessment dan sudah mengikuti ujian tulis serta praktik, para peserta memiliki kesempatan yang sama besar untuk lolos. Meski begitu, Anda perlu menunggu pengumumannya. 

Jika Anda di nyatakan lulus dan layak, maka seluruh hak dan kewajiban yang melekat pada program tersebut akan segera di berikan kepada Anda. 

Untuk kalian yang hendak berkarir di dunia digital marketing, sertifikasi digital marketing bisa menjadi salah satu opsi yang bisa di ambil untuk meningkatkan skill kalian. salah satu lembaga sertifikasi di Indonesia yang menyediakan sertifikasi digital marketing adalah CAMPUS DIGITAL

Hubungi Kami