Pendri Putra Permana

Publisher

1 tahun yang lalu


Analisa Marketing Mix Yakult

1 tahun yang lalu - By Pendri Putra Permana

Kali ini saya akan analisa Marketing Mix Yakult. Sebelumnya, Marketing Mix adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P, metode ini dikenal sebagai marketing mix. Dalam perkembanyannya, untuk layanan jasa dikelan dengan istilah 7P dimana 4P pertama adalah product, price, place, dan promotion. Untuk 3P yang selanjutnya adalah bukti fisik (phsycal evidence), proses (process), orang (people).

Baca Juga : Strategi Marketing Kopi Kenangan

PRODUCT

Produk yang dihasilkan adalah “Yakult” sesuai nama besar perusahaan tersebut.

PRICE

Di pasaran, satu dus atau satu pack Yakult berisi 5 botol sekarang dapat tawarkan dengan harga mulai Rp 8.500, dengan harga satuan Rp3.000. Saat ini, selain di Jepang, Yakult juga sering produksi dan pasarkan di Australia, Amerika Latin, Eropa, dan Asia, termasuk Indonesia.

PLACE

Saluran distribusi dilakukan oleh Yakult Lady dan Direct Sales.

PROMOTION

Yakult mengiklankan produknya menggunakan semua media mulai dari elektronik seperti televisi dan radio, juga media cetak seperti majalah dan koran, serta media internet sekalipun seperti situs resminya www.yakult.co.id , dan media social media seperti facebook, twitter, dan kaskus. Tapi kita lebih mengenal yakult dengan taglinenya cintai ususmu minum yakult tiap hari yang sering tayangkan di iklan televisi.

PROCCESS

PEOPLE

PT Yakult membangun hubungan masyarakat yang baik melalui sistem distribusi Yakult Lady. Sistem distribusi Yakult Lady yaitu  sistem pendistribusian Yakult oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady memberikan informasi kesehatan kepada pelanggan, sehingga Yakult Lady sebut pula sebagai Pusat Informasi Berjalan.

PHSYCAL EVIDENCE

Di Indonesia terdapat 2 pabrik yakult yakni di Desa Pesawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan Mojokerto, Jawa Timur. Website yakult menurut saya cukup menarik dan memberikan banyak informasi tentang produk yakult itu sendiri.

KESIMPULAN

           Yakult mempunyai tagline, Cintai Ususmu Minum Yakult Tiap Hari. Ketika masyarakat mendengar tagline ini di TV, tagline tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika meminum yakult setiap hari akan membuat usus kita sehat dan membuat yakult menjadi produk yang wajib jadi konsumsi oleh masyarakat setiap hari.

Program pelatihan dan pembelajaran praktis pemasaran digital. Anda akan belajar bagaimana merencanakan strategi penjualan hingga melakukan penjualan secara daring. Gabung Segera!

Hubungi Kami