Kariena Andiniyar

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website #seo #aktivitas bisnis

Apa Itu Aktivitas Bisnis? Berikut Penjelasannya

2 tahun yang lalu - By Kariena Andiniyar

Apa Itu Kegiatan Bisnis?

Aktivitas bisnis mencakup aktivitas apa pun yang bisnis lakukan dengan tujuan utamanya untuk menghasilkan keuntungan. Ini adalah istilah umum yang mencakup semua kegiatan ekonomi yang perusahaan lakukan selama menjalankan bisnis. Aktivitas bisnis, termasuk aktivitas operasi, investasi dan pendanaan, sedang berlangsung dan berfokus pada penciptaan nilai bagi pemegang saham.

Ada tiga jenis kegiatan bisnis utama: operasi, investasi, dan pembiayaan. Pembuatan dan penggunaan arus kas yang oleh masing-masing aktivitas ini tercantum dalam laporan arus kas. Tujuan dari laporan arus kas untuk menjadi rekonsiliasi laba bersih atas dasar akrual dengan arus kas.

Pengambilan laba bersih berasal dari bagian bawah laporan laba rugi, dan dampak kas dari perubahan neraca yang diidentifikasi untuk melakukan penyesuaian kembali dengan arus kas masuk dan keluar yang sebenarnya.

Pengurangan item non-kas yang sebelumnya berasal dari laba bersih ditambahkan kembali untuk menentukan arus kas; Penambahan item non-kas yang sebelumnya ditambahkan ke laba bersih dikurangkan untuk menentukan arus kas. Hasilnya adalah laporan yang memberi investor ringkasan aktivitas bisnis dalam perusahaan secara tunai, yang pemisahannya berdasarkan jenis aktivitas tertentu.

Jenis Kegiatan Utama Bisnis:

Operating Business activities

Bagian pertama dari laporan arus kas adalah arus kas dari aktivitas operasi. Kegiatan ini mencakup banyak item dari laporan laba rugi dan bagian neraca saat ini. Laporan arus kas menambahkan kembali item non-kas tertentu seperti depresiasi dan amortisasi. Kemudian perubahan item baris neraca, seperti piutang dan hutang, melakukan penambahan atau pengurangan berdasarkan dampak sebelumnya pada laba bersih.

Item baris ini memengaruhi laba bersih pada laporan laba rugi tetapi tidak menghasilkan pergerakan uang masuk atau keluar dari perusahaan. Jika arus kas dari aktivitas usaha operasi negatif, berarti perusahaan harus membiayai aktivitas operasinya baik melalui aktivitas investasi maupun aktivitas pendanaan. Arus kas operasi negatif yang rutin tidak umum di luar organisasi nirlaba.

Investing Business Activities

Aktivitas investasi ada di bagian kedua dari laporan arus kas. Ini adalah kegiatan bisnis yang kapitalisasinya selama lebih dari satu tahun. Pencatatan pembelian aset jangka panjang tertulis sebagai penggunaan uang tunai pada bagian ini. Demikian dengan penjualan real estat yang termasuk sumber uang tunai. Item baris "pengeluaran modal" ini sebagai aktivitas investasi dan dapat bagiannya ada pada laporan arus kas ini.

Financing Business Activities

Bagian akhir laporan arus kas mencakup aktivitas pendanaan. Ini termasuk penawaran umum perdana, penawaran sekunder, dan pembiayaan utang. Bagian ini juga mencantumkan jumlah uang tunai yang dibayarkan untuk dividen, pembelian kembali saham, dan bunga. Setiap aktivitas bisnis yang terkait dengan pembiayaan dan upaya penggalangan dana termasuk dalam bagian laporan arus kas ini.Kunjungi dan daftar

ke Campusdigital


Hubungi Kami