Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #belajarseo #blog #seo #konsepdigitalmarketing

Apa Itu Blog: Pengertian dan Fungsinya

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Blog memiliki pengertian berupa “web log” atau tempat untuk menyimpan “log” informasi. Arti lain dari blog adalah jurnal online yang secara rutin memuat berbagai informasi seperti artikel, foto, atau video. Karena blog adalah jurnal online, biasanya konten atau topic yang termuat adalah hal-hal yang bersifat pribadi atau mengenai keseharian si pemilik blog. Orang yang mengelola blog tersebut biasa kita sebut dengan blogger.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang fungsi blog serta perbedaannya dengan website. Yuk, kita simak penjelasannya.

Kegunaan dan Fungsi Blog

Banyak sekali alasan orang-orang atau perusahaan memutuskan untuk membuat blog. Berikut beberapa kegunaannya secara umum:

Ruang Berbagi

Misalnya, kalian suka memelihara kucing dan ingin berbagi pengalaman serta hobi tersebut kisah di internet. Dengan blog, kita bisa membagikannya. Atau kalian gemar menulis tetapi belum “pd” untuk mengirimkannya ke penerbit. Melalui blog, kalian bisa mengunggahnya,dengan begitu orang yang membaca bisa memberikan masukan atau bahkkan pengunjung tersebut suka dengan karya kalian dan ingin menerbitkannya.

Untuk Menghasilkan Uang

Memangya kita bisa mendapatkan penghasilan dari blog? Jawabannya adalah ya, sangat bisa! Kita hanya perlu aktif dalam meng-update blog agar audiens semakin luas. Setelah berhasil memperoleh traffic yang cukup tinggi, kalian bisa langsung memanfaatkannya untuk memperoleh uang melalui iklan atau afiliasi.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Blogging

Perbedaan Blog dan Website

Masih banyak yang menganggap bahwa blog dan website itu adalah hal yang sama. Padahal, keduanya berbeda, lho.

Memang sedikit sulit untuk membedakannya, sebab kblog dan website sama-sama memuat dan membagikan informasi di dunia maya. Tapi, sebetulnya ada poin-poin khusus yang yang membuat blog dan website berbeda.

Seperti yang sudah kita pelajari di atas, blog adalah jurnal online yang harus terus diperbarui atau update kontennya. Selain itu, blog juga harus menggunakan desain yang menarik sehingga mudah mencuri perhatian audience dan potensi lebih maksimal.

Sedangkan website agak berbeda. Website cenderung ‘statis’ atau dalam kata lain tidak perlu selalu update. Konten-konten di website biasanya berisi informasi-informasi dasar, seperti misalnya website resmi milik pemerintah atau organisasi non pemerintah.

Hal lain yang membedakan blog dengan website adalah blog biasanya mencantumkan tanggal publis, referensi author, kategori, dan tag dalam byline. Walaupun tidak semuanya punya elemen ini, umumnya website tidak memuatnya sama sekali.

 

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang pengertian blog dan fungsinya. Semoga artikel ini dapat membantu ya. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang website atau blog, coba ikut program dari Campus Digital aja!

Hubungi Kami