Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Apa itu Data Analis? Pengertian dan Tugas

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Profesi terkait dengan pengolahan informasi dari big data menjadi profesi yang populer dan paling banyak di cari di era digital saat ini. Berdasarkan hasil laporan World Economic Forum tahun 2020 data analyst menjadi salah satu dari tujuh profesi yang paling menantang sekaligus banyak di cari oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis dan keamanan siber. Lantas, Apa itu data analis? Yuk simak pembahasannya di artikel ini!

Apa Itu Data Analis?

Data analis merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk melakukan analisis dan riset data dengan memakai tools tertentu. Pada dunia bisnis, data analist melakukan riset untuk keperluan marketing atau pengembangan produk, dimana para pelaku usaha melihat aktivitas target pasar di internet. Bisa melihatnya dari apa yang sering target pasar cari pada mesin penelusur dan media sosial. 

Dunia bisnis saat ini membutuhkan seorang data analis sebab perilaku, selera, dan tren yang dekat dengan target pasar sangat cepat mengalami perubahan. Daripada melakukannya dengan riset manual yang perlu waktu lama karena harus membuat dan mengumpulkan kuesioner ke responden, proses analisis data ini lebih menghemat waktu dengan data yang lebih akurat. 

Baca juga Artikel : Alur dan Tahapan Sertifikasi BNSP

Tugas Seorang Data Analyst

Data analyst menjadi profesi yang akan membludak di berbagai sektor perusahaan sebab skill pemahaman literasi data yang tinggi, meskipun hal tersebut juga dapat di lakukan oleh data scientist. Dapat mengibaratkannya, data scientist merupakan seorang kepala koki di dapur yang membuat perencanaan menu yang akan koki masak, sedangkan data analyst merupakan para koki yang memasaknya. 

Data scientist bertanggungjawab mulai dari membuat identifikasi, perencanaan, pengawasan, dan pengelolaan data. Sedangkan data analyst bertugas secara penuh dalam visualisasi dan analisis data dengan proses yang lebih matang dalam menghasilkan keputusan. 

Berikut tugas dan tanggung jawab seorang data analis:

  • Mengidentifikasi data dari sumber primer dan sekunder ke berbagai tools.
  • Merancang, mengembangkan dan memelihara sistem data dan database.
  • Melakukan analisis data berdasarkan tren yang bisa memberi pengaruh besar untuk proyek perusahaan maupun klien. 
  • Menyiapkan laporan hasil analisis data.
  • Mengumpulkan data yang berkualitas di dalam tim. 

Demikian pengertian, tugas, dan tanggungjawab dari seorang data analis. Bila Anda ingin belajar menganalisis data untuk mengembangkan bisnis Anda, Yuk bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami