Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website #digitalmarketing

Apa Itu Domain Rating?

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Domain rating (DR) adalah metric rangking bentukan Ahrefs yang menunjukkan seberapa kuat baclink dari suatu website. Sama seperti Domain authority, skala peringkatnya mulai dari 0-100.

Sebenarnya, domain rating bukanlah faktor yang menentukan peringkat di halaman pencarian Google.

Website dengan skor DR tinggi bisa mendapatkan peringkat teratas di SERP karena Google menilai bahwa tingkat kepercayaan website tersebut tinggi. Jadi bukan semata-mata karena skor DR.

Meskipun begitu, domain rating masih menjadi salah satu kunci pada saat orang-orang mencari backlink dari beberapa website atau ketika mendapatkan traffic dari pencarian Google.

Mengapa Domain Rating Penting?

Walaupun kita sudah tahu bahwa domain rating bukanlah faktor penentu agar bisa mendapatkan ranking di halaman pencarian, ketika kita mengukur suatu tautan URL satu per satu, DR lebih selaras dengan peringkat Google daripada peringkat Domain dari keseluruhan situs web.

Intinya, kalian jangan terlalu memerhatikan DR, sebab skor DR yang tinggi hanya bisa kalian dapatkan dari strategi backlink yang kuat.

Ketika kita ingin membangun suatu strategi link-building, sudah pasti kita harus memandingkan berbagai macam website yang berbeda untuk mendapatkan yang terbaik.

DR bisa menjadi metric penting yang dapat membantu link-building tersebut dan memungkinkan kita untuk meningkatkan search rangking.

Di samping itu, suatu website yang memiliki skor DR yang tinggi juga bisa mendapatkan keuntungan dari link juice dengan tautan internal.

Seorang webmaster dapat membuat tautan ke halaman webnya sendiri yang berbeda karena akan membantu memperkuat link yang kurang berkualitas sehingga dapat memberi peringkat lebih baik di SERP. Hal ini juga akan menngkatkan keseluruhan domain rating pada website.

Cara Mengecek 

Ada banyak sekali tools online dan gratis yang tersedia untuk kamu yang ingin mengecek baik itu skor DR maupun DA. Tetapi, hanya beberapa tools yang bagus atau ideal dalam pengukuran metric.

Dalam kasus DA, Moz adalah tool yang terbaik. Lalu, bagaimana dengan DR? Untuk DR, tools yang paling optimal untuk mengukur metric adalah Ahref’s.

Banyak pakar terkemuka lebih memilih Ahref ini daripada tools lainnya, karena Ahref’s sangatlah tepat dalam melakukan craling situs web secara menyeluruh.

Apabila membandingkan Ahref’s dengan Moz, Ahref lebih transparan dalam analisis domain skornya. Hal ini karena ia menilai kualitas dari link daripada melihat data dari website. Melalui tools ini, kita dapat mencari tahu dan menemukan backlink mana yang terbaik bagi website kita.

bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami