Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Apa Itu Product Branding? Pentingnya Untuk Bisnis

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Dalam dunia bisnis, product branding adalah elemen penting yang memiliki pengaruh besar dalam strategi branding yang perusahaan lakukan. Perusahaan yang melakukan branding mampu memberikan identitas dan nyawa terhadap produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Selain itu, branding juga mampu menarik konsumen untuk melakukan pembelian, bahkan konsumen lama pun bisa tertarik untuk membeli kembali produk atau layanan yang biasa di belinya.

Sebab itu, banyak perusahaan yang menggunakan branding untuk mengembangkan usahanya di tengah persaingan pasar yang ketat. Hal tersebut mereka lakukan dengan menonjolkan produknya di antara produk lain yang sejenis di pasaran. Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik membeli produk yang lebih unggul.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda dengan strategi product branding? Bila iya, yuk kenali terlebih dahulu apa itu product branding.

Baca Juga : Marketing Mix Pemasaran Starbucks Indonesia

Apa Itu Product Branding?

Pada dasarnya, product branding adalah penerapan prinsip-prinsip strategi branding untuk sebuah produk atau layanan yang disediakan oleh sebuah perusahaan. Branding dapat di lakukan dengan cara mengaitkan nama, istilah, simbol, logo, deskripsi, kemasan, atau desain.

Tujuannya untuk memberikan identitas unik pada produk atau layanan di pasar. Hal ini di lakukan supaya konsumen mudah mengenali merek dari produk atau layanan yang perusahaan miliki.

Perlu Anda tahu, bahwa merek perusahaan lebih dari sekadar elemen kreatif sederhana. Merek mewakili interaksi harian perusahaan dengan konsumennya. Merek mampu membangkitkan emosi yang memanggil konsumen untuk melakukan tindakan.

Apa pun produknya, ide utama dari product branding tetap sama, yaitu upaya untuk menonjolkan produk tersebut di antara produk lain yang sejenis. Sehingga, hal tersebut bisa menjadi alasan untuk konsumen melakukan pembelian terhadap produk tersebut.

Pada dasarnya identitas produk dapat terbangun dengan menggabungkan beberapa komponen yang akan saling terhubung dan menciptakan hubungan emosional dengan konsumen.

Beberapa komponen tersebut diantaranya desain produk, desain logo, nama dan deskripsi produk, serta desain kemasan produk.

Biasanya, perusahaan yang melakukan strategi product branding ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mengharapkan loyalitas dari konsumen.

Namun, tidak hanya perusahaan yang memperoleh manfaat itu, produk atau layanan juga mendapatkan manfaat, seperti peningkatan penjualan dan adanya kepercayaan dari konsumen.

Produk adalah perluasan merek perusahaan sehingga ketika produk telah memiliki merek dan identitas yang benar, perusahaan juga akan mendapatkan dorongan.

Demikian pembahasan definisi dari product branding untuk bisnis. Semoga artikel ini dapat memudahkan Anda untuk membangun branding produk bisnis Anda. Yuk belajar lebih dalam terkait branding di Campus Digital dan dapatkan benefit menariknya.

Hubungi Kami