Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Apa itu SEO? Bagaimana Manfaat untuk Bisnis?

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Apa itu SEO (Pengertian)? Bagaimana Manfaat untuk Bisnis? - Mungkin kamu pernah mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari Google untuk topik tertentu. Deretan situs yang tampil di Google ini tidak di pilih secara sembarangan.

Terdapat proses panjang untuk artikel agar crawler dapat membaca dan memasukkannya ke halaman hasil pencarian. Terdapat banyak faktor yang jadi acuan mesin pencari.

SEO bermanfaat untuk mengoptimalkan setiap faktor tersebut. Tujuannya agar website kita tampil di pilihan teratas (peringkat #1). Tentunya, hal ini jadi impian bagi pemilik brand maupun website.

Baca Juga : Cara Agar Blog Muncul di Google Teratas

Apa itu SEO? (Pengertian)

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu cara menampilkan website di halaman pertama google. Semakin tinggi visibilitas website di mesin pencari, semakin besar pula kesempatan untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Aktivitas intinya yaitu, mengoptimalkan website dari segi teknikal maupun konten.

Contohnya seperti ini..

Kamu datang ke artikel ini setelah mengetik kata kunci apa itu SEO atau manfaat SEO di google.

Pastinya, Google tidak mungkin langsung memilih laman Campus Digital untuk menampilkannya di hasil pencarian, tanpa kami lakukan optimasi dari sisi teknikal maupun penyajian konten.

Serangkaian usaha kami lakukan untuk dapat tampil di urutan teratas hasil penelusuran Google. Usaha ini akan membuahkan hasil yaitu jumlah pengunjung website yang naik signifikan, tanpa biaya iklan sepeserpun.

Kemudian, pasti akan timbul pertanyaan, apakah bisa tampil di halaman #1 tanpa upaya pengoptimalan (SEO)?

Mungkin saja bisa. Asal, kompetisi keywordnya rendah. Tidak terdapat kompetitor lain yang menarget kata kunci tersebut.

Manfaat SEO untuk Bisnis

Menurut Search Engine Journal, setidaknya terdapat 5 manfaat utama yang akan bisnis kamu peroleh ketika serius menjalankan optimasi SEO untuk pemasaran bisnismu. Di antaranya:

  • Mayoritas calon pengunjung website berasal dari Google,
  • Membangun kepercayaan & kredibilitas bisnis di mata konsumen,
  • SEO dapat memengaruhi keputusan pembeli untuk beli produk,
  • SEO lokal relatif mudah dilakukan untuk bisnis kecil (UMKM),
  • Biaya yang dikeluarkan relatif murah (untuk jangka panjang).

Manfaat SEO untuk Bisnis

1.Sumber Utama untuk Kunjungan Website

Terdapat 98% masyarakat di Indonesia menggunakan Google untuk mencari informasi. Dalam SEO, informasi yang biasanya mereka cari yaitu:

Informasi, Komersial, Transaksi).

Kalau website milikmu dapat tampil di halaman satu untuk kata kunci informasi, navigasi, dan transaksi; maka peluang untuk memperoleh customer organik akan semakin besar.

2.Membangun Kepercayaan & Kredibilitas Bisnis

Membangun brand tidaklah mudah. Perlu kehati-hatian untuk melakukannya dan dalam waktu yang panjang sekali. Namun, kamu dapat mempercepatnya memanfaatkan bantuan SEO.

Caranya yaitu dengan meningkatkan tingkat kemahiran kamu (atau brand kamu) dalam ceruk yang sedang dijalankan.

Misalnya seperti bisnis sepatu sneakers. Maka, sebaiknya membangun website yang berisi konten seputar: kenapa perempuan butuh sepatu sneakers, bagaimana cara merawatnya, di mana membelinya, mix-match dengan fashion, dan sebagainya.

Dengan begitu, bisnis kamu tidak hanya di kenal jualan sepatu sneakers, namun juga di percaya untuk konsultasi seputar sepatu sneakers. Istilah umunya, bisnis kamu hadir sebagai problem-solver.

3.SEO Dapat Memengaruhi Keputusan Konsumen

Perlu kamu ingat bahwa dalam perjalanan calon pembeli mulai dari mengenal brand hingga menjadi pelanggan loyal, selalu terdapat tahapannya. Seperti ini konsepnya:

  • Awareness: Kustomer mulai tau tentang produkmu,
  • Interest: Kustomer mulai tertarik dan cari tau lebih jauh,
  • Consideration: Kustomer mencoba produk kamu,
  • Purchase: Kustomer membeli produk kamu,
  • Retention: Kustomer membeli lagi dan jadi pelanggan loyal,
  • Advocacy: Kustomer suka rela merekomendasikan produkmu ke orang-orang di sekitarnya.

Itu dia pengertian dan manfaat dari optimasi SEO pada website kamu untuk bisnis. Yuk optimasi website bisnis kamu lebih lanjut untuk meningkatkan traffic pengunjung disini.

Hubungi Kami