Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#seo #marketplace #wabsite #jenisseo

Apa Itu SEO On Page?

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Sebelulmnya kita pernah membahas tentang SEO, di mana SEO terbagi menjadi menjadi 2 bagian besar, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Kali ini, artikel ini akan membahas lebih dalam tentang SEO On Page dan bagaimana memanfaatkannya.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO berhubungan dengan bagaimana kita memaksimalkan website atau blog yang telah kita buat agar bisa muncul di halaman pertama atau bahkan di urutan pertama dari hasil pencarian search engine.

Apa itu SEO On Page?

SEO On Page merupakan langkah optimasi SEO yang berfokus pada faktor-faktor yang terdapat dalam sebuah konten, seperti keywordstag, kode HTML dan sebagainya. Misalnya adalah menambahkan keyword atau kata kunci yang ditarget selama beberapa kali, menambahkan gambar yang sesuai dengan konten atau keyword, menambahkan keyword sebagai judul sub bab, dan sebagainya. Penggunaan theme SEO Friendly, penetuan nama domain, maupun penerapan internal link juga merupakan beberapa contoh penerapan SEO On Page yang dapat dilakukan.

Baca Juga: Memahami SEO dan SEM Dalam Digital Marketing

Penerapan SEO On Page Pada Halaman Web/Blog

Ada beberapa cara dalam menerapkan SEO On Page. Berikut ini adalah langkah-langkah yang mudah dan biasa diikuti. Yuk kita simak.

Tentukan Tujuan Pembuatan Halaman Web

Sebelum melakukan langkah-langkah lain, menentukan tujuan dalam pengembangan suatu website atau situs adalah hal pertama yang harus diterapkan. Sebagai pembuat website, kita harus sudah lebih dulu menentukan target audience, seperti apa konten yang si pembuat website inginkan, hal apa yang akan pengunjung dapatkan ketika membuka website, action apa yang si pengembang ingin dari audience setelah mengunjungi website, dan sebagainya. Pertimbangan- pertimbangan tersebut nantinya akan sangat berpengaruh pada langkah selanjutnya, yaitu tahapan “keyword research”.

Keyword Research

Hal utama dari optimasi SEO adalah penentuan keyword. Maksudnya adalah kata apa yang sekiranya target audience kita cari, sehingga audience dapat menuju ke website yang kita kembangkan. Tahap penentuan keyword ini tidak semudah yang kita bayangkan. Maka, sering-seringlah melakukan riset atau trial and error untuk mengetahui keyword mana yang paling cocok untuk website kalian dan jangkauannya mudah.

Baca Juga: Mengenal SEO Dalam Dunia Digital Marketing

Pemilihan Nama Domain

Menentukan nama domain merupakan salah satu faktor yang penting. Sayangnya, banyak orang yang masih mengesampingkan hal ini. Penggunaan nama domain yang relevan dengan keyword akan sangat mendorong website kita dalam meraih rangking yang baik dalam search engine. Tetapi, tentu kita tidak mungkin membuat sebuah situs baru dengan nama domain baru untuk setiap kata kunci yang berbeda pula. Alternatifnya, pengembang website dapat mencoba penggunaan sub-domain atau permalink.

Judul Web Page/Artikel

Judul sebuah artikel web sebaiknya memenuhi ketentuan search engine. Umumya, panjang suatu judul artikel ialah sepanjang 50-60 karater. Apabila melebihi ketentuan, maka search engine akan menampilkan judul dalam kondisi terpotong. Selain itu, memasukkan keyword ke dalam judul akan memiliki dampak positif pada SEO web page tersebut.

Heading Level 1-3

Kita harus memperhatikan struktur penulisan suatu artikel di dalam website. Baiknya, suatu artikel atau judul dibagi menjadi beberapa sub karangan. Upayakan maksimal sebanyak 3 level.

Image 

Gambar atau image tidak hanya berfungsi sebagai atribut atau membuat tampilan lebih menarik. Tetapi, foto juga memberikan hasil yang positif pada optimasi SEO, baik itu pencarian biasa maupun pencarian image. Untuk memperoleh hasil tersebut, tulis keyword pada nama file gambar , serta isikan keyword pada caption dan ALT dari image.

Sitemap

Sebagai seorang pengembang atau pembuat website, penting juga untuk memastikan bahwa situs memiliki sitemap yang merujuk ke semua halaman web, termasuk ke artikel yang dibuat. Hal ini supaya memudahkan Google dalam melakukan proses Indexing.

Internal Link

Trik SEO On Page lain yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan link Iinternal yang menuju ke artikel terkait pada halaman website kita.

Pembaca yang mengakses artikel lain yang relevan melalui internal link seperti pada gambar di atas akan mendapatkan point tersendiri untuk menentukan peringkat website tersebut di search engine. Hal ini akan juga memudahkan Google pada saat mengindeks website yang kita buat.

Itu dia beberapa tips terkait dengan On Page SEO. Kalau kamu ingin tahu tentang SEO lebih dalam lagi, yuk belajar di Campus Digital.

 

Hubungi Kami