Herlinda Nur

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #marketplace #trik & tips #jenisseo

Apa Itu SEO On Page? Panduan Untuk Pemula.

2 tahun yang lalu - By Herlinda Nur

Apa Itu SEO On Page? Panduan Untuk Pemula.

Pastinya Anda sudah tidak asing mendengar kata SEO atau Search Engine Optimization. SEO sendiri terdiri dari SEO On Page dan SEO Off Page. Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk meningkatkan peringkat website Anda dalam mesin pencari. Untuk saat ini, mari kita pelajari SEO On Page terlebih dahulu.

Baca juga: Apa Itu SEO On Page? Ini Pengertian dan Komponennya!

SEO On Page atau yang bisa juga disebut On-Page SEO merupakan salah satu teknik untuk mengoptimalkan website. Teknik ini lebih membutuhkan ketekunan dan perhatian lebih daripada SEO Off Page. Karena SEO On Page lebih berfokus pada cara pembuatan konten yang menarik perhatian pengunjung dan yang terkait pada internal website. Untuk mengoptimalkan website, Anda harus memperbaiki konten pada website Anda terlebih dahulu. Cara ini dapat berhasil jika dilakukan dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya website Anda dapat menduduki peringkat atas di mesin pencari. Untuk pemula Anda harus memperhatikan tiga poin penting ini:

Membuat konten yang menarik

  1. Konten merupakan hal yang membuat website Anda menarik. Maka dari itu, Anda harus membuat konten yang menarik pengunjung. Konten harus informatif dan membuat pengunjung ingin tinggal lebih lama di laman website Anda. Jangan menjiplak karya atau tulisan orang yang sudah diunggah juga dikarenakan Google bisa mendeteksi penjiplakan. Maka dari itu, setelah membuat konten Anda harus melakukan cek plagiarisme terlebih dahulu agar tidak ada unsur penjiplakan tulisan.
  2. Konten yang bagus yaitu konten yang bermanfaat bagi pengunjung. Karena jika pengunjung merasa konten Anda tidak bermanfaat, maka pengunjung akan keluar dari website Anda dan mencari website baru yang lebih informatif dan mencukupi kebutuhan pengunjung.

Kata kunci / Keyword

  1. Kata kunci merupakan hal yang penting dalam optimasi SEO. Karena untuk meningkatkan rank page, Anda harus menentukan kata kunci apa yang tepat untuk konten Anda. Kata kunci juga dapat Anda cari di Google Trends agar Anda dapat mengetahui kata kunci apa yang paling sering orang cari di Google. Hal tersebut dapat menentukan kata kunci yang tepat untuk sasaran pengunjung yang Anda incar.

Website

  1. Halaman website juga merupakan hal yang harus Anda perhatikan. Jika kinerja halaman website Anda kurang, maka pengunjung pun akan beralih ke website yang lebih baik. Beberapa hal yang perlu kamu optimasi di website antara lain Page Speed, Robot Txt, Title Tag, dan lain sebagainya. Page Speed merupakan hal yang penting untuk Anda optimasi karena jika website Anda membutuhkan waktu lama untuk membuka laman, maka pengunjung Anda akan memilik website lain yang lebih cepat. Karena satu atau 2 detik pun sangat berharga sehingga Anda harus mengoptimalkan page speed Anda secepat mungkin.

Bagaimana? Sudah paham mengenai SEO On Page. Untuk Anda yang pemula dan ingin mempelajari hal-hal mengenai digital marketing lainnya dapat mengikuti kelas digital marketing oleh Campus Digital Indonesia dengan melakukan pendaftaran disini.

Hubungi Kami