Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


#AI #digitalmarketing

Artificial Intelligence dalam Dunia Digital Marketing

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Kecerdasan buatan saat ini sudah banyak diimplementasikan dalam berbagai sektor dalam kehidupan manusia. Termasuk pula dengan dunia digital marketing. Nah apa saja sih pengaruh AI dalam digital marketing, yuk cek dibawah ini :

Sistem Jawab Otomatis/Chatbot

Apa jadinya jika pelanggan kita mengirim pesan disaat kita sedang sibuk dengan urusan lain? hal ini akan membuat pelanggan kita merasa terabaikan dan tentunya membuat pelanggan kita lari bukan ?. Sistem Chatbot bisa kita lihat dari gmail maupun whatsapp business. Kita dapat mengatur pesan apa saja yang akan dikirim ke pelanggan kita. Sebagai contoh seperti Terimakasih sudah menghubungi Toko xxxx, Mohon tunggu Sebentar ataupun pesan lainnya yang ingin kita sampaikan kepada pelanggan.

Jangkauan pemasaran yang lebih luas dan efektif

Kesalahan yang umum terjadi dalam memasarkan produk adalah, produk tersebut tidak kita promosikan sesuai target produk kita diperlukan oleh siapa saja. Dalam AI, kita bisa mengatur target jangkauan produk kita seperti dari usia, wilayah pelanggan, luas jangkuan, minat pelanggan dan sebagainya. Tentunya hal ini jauh lebih efektif bukan ?

Pemantauan penjualan secara berkala dan valid

Toko- toko online yang kita pakai sudah menyediakan fitur data informasi penjualan produk kita yang biasanya berbentuk tabel maupun grafik. Data tersebut diperoleh dari hasil transaksi kita dengan pembeli, berapa kali produk kita dilihat, dan berapa kali toko kita dikunjungi. Hal ini bisa kita gunakan untuk menganalisa penjualan kita untuk mengambil langkah yang tepat dalam meningkatkan penjualan kita.

Baca juga Berkenalan Dengan Blog Marketing

Teknologi Pencarian Secara Audio Visual

Bagaimana jika kita/pembeli lupa dengan nama produk yang ingin dicari ? atau bahkan tidak tahu namanya sama sekali ?, tak usah khawatir kini kita bisa melakukan pencarian secara visual dengan mendrag gambar/ foto produk yang ingin kita cari ke google image search. Atau kita sedang malas mengetik nama produk yang ingin dicari? kita bisa memakai hello google dan mengatakan nama produk yang kita cari.

Efektifitas Penyimpanan Informasi dan Riwayat Pencarian

Data informasi kita akan tersimpan dalam cloud digital. Hal ini akan membuat data tersimpan secara life time dan tidak perlu takut apabila data hilang seperti jika menyimpan data dalam penyimpanan internal. Kita juga bisa mengakses data tersebut kapanpun dan dimanapun.

Pelajari artikel lainnya DISINI

Hubungi Kami