Alizha Alkhanza

Kontributor

11 bulan yang lalu


#sosial media #audienceinsight

Audience Insight Sebagai Penyaji Informasi!

11 bulan yang lalu - By Alizha Alkhanza

Apakah Audience Insights?

Sebelum Anda memperhatikan angka-akan yang telah tersaji dalam Audience Insight, Anda harus mencermatinya terlebih dahulu. Audience Insight merupakan suatu penyaji informasi yang berasal dari internal pengguna Facebook. Fitur Facebook itu, telah mereka kemas secara dinamis yang artinya Anda dapat mengakses data pengguna Facebook sesuai dengan target yang Anda inginkan.

Biasanya Audience Insight sebagai penyaji informasi akan menyajikan kepada kita mengenai detil dari halaman-halaman Facebook yang mereka sukai. Meliputi, target kita (orang Indonesia, memiliki usia 18-25 tahun), kategori teratas yang muncul (kota, makanan kesukaan, pakaian, produk populer).

Ini merupakan sebuah alat yang sangat powerful bagi kita yang ingin mempelajari audiens. Tak hanya untuk Facebook Ads saja, namun dapat Anda manfaatkan untuk blogging, content creation, dan sebagainya.

Kesalahan dalam Pengguna Audience Insights

Meskipun alat ini sangat powerful, namun juga sangat sering menemui para pengiklan yang masih berantakan dalam menggunakan dan memanfaatkan tool ini. Kesalahan yang paling sering muncul, yaitu malas dalam membaca data. Maka dari itu, tujuan artikel ini kami buat agar ketika membuka Audience Insight untuk keperluan riset, sudah tahu hal apa yang akan Anda analisa.

Baca juga: Facebook Audience Insight Untuk Meriset Audience / Interest Yang Anda Target

4 (Empat) Angka Penting dalam Audience Insights:

1. Monthly Active People

Monthly Active People (MAP) merupakan sejumlah orang yang sedang aktif dalam pengaturan audiens yang telah Anda buat.

"<yoastmark

Biasanya, angka MAP untuk menunjukkan volume audience yang dapat Anda jangkau melalui iklan untuk pengaturan yang terdapat di atas. Apabila Anda memasukkan target lain, maka bisa jadi angka MAP ini akan berubah lagi.

2. Audience

Apabila Anda melihat di bagian "page likes", maka Anda akan menemui tabel yang isinya adalah halaman yang audiens sukai.

Nah, pada gambar di bawah di kolom ketiga, Anda akan melihat audiens. Artinya, Audience Number merupakan sejumlah audiens dalam pengaturan yang Anda buat dan terlibat di dalam halaman tersebut.

Contohnya, di baris pertama, Anda melihat halaman Makeup Geek yang berisi 222.2K audiens. Artinya, dari pengaturan yang telah Anda buat (warga AS, usia 18-65 tahun, menyukai hal seputar makeup).

Audience Audience

3. Affinity

Affinity secara definisi yang telah Facebook berikan merupakan seberapa besar kedekatan audiens yang kita atur terhadap page yang mereka maksud. Apabila hal itu, kita bandingkan dengan keseluruhan audiens yang terdapat di Facebook.

Contoh cara untuk membacanya, apabila kita lihat dari hasil screenshot di atas. Audiens yang telah diatur 107.5K lebih tertarik terhadap page Makeup Geek, apabila dibandingkan dengan keseluruhan orang di Facebook.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami