Herlinda Nur

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #marketplace #seo #jenisseo

Bagaimana Cara Membuat Blog SEO Friendly?

2 tahun yang lalu - By Herlinda Nur

Bagaimana Cara Membuat Blog SEO Friendly?

Untuk membuat blog Anda berada di halaman pertama mesin pencari atau Google tentunya Anda harus membuat blog Anda menjadi SEO Friendly. Walaupun agak sulit Anda lakukan jika Anda adalah blogger pemula karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuat blog Anda menjadi SEO Friendly. Namun, Anda bisa berhasil jika berusaha semaksimal mungkin dalam mengoptimalkan elemen-elemen SEO.

Untuk itu Anda dapat melakukan beberapa hal dibawah ini agar blog Anda menjadi SEO Friendly.

1. Memilih Blog Gratis atau Domain Sendiri

Memilih nama domain sendiri yang mengandung kata kunci ini sangat menguntungkan bagi blogger. Tetapi juga Anda harus memperhatikan isi dari konten yang akan Anda buat nanti karena harus sesuai dengan kata kunci domain Anda. Jika Anda tidak bisa menyediakan konten yang berkualitas dan sesuai dengan topik tersebut maka lebih baik Anda menggunakan domain umum yang gratis saja. Tetapi jika Anda yakin bisa berkomitmen dalam menyediakan konten yang sesuai topik maka Anda bisa membuat domain sendiri menggunakan nama dari kata kunci tersebut.

Dengan menggunakan domain sendiri Anda dapat mengurangi persaingan sesama blogspot. Blog Anda akan terlihat lebih profesional yang nantinya akan mendatangkan banyak pengunjung tentunya karena terlihat lebih meyakinkan.

2. Memilih Nama URL

Nama URL yang mengandung kata kunci ini sangatlah menguntungkan, tetapi jika Anda menggunakan domain gratis pun tidak apa-apa jika tidak menggunakan kata kunci di nama URL Anda. Karena jika blog Anda merupakan blog yang berisi berita campuran, kemudian kata kunci yang jumlah pencarinya lebih sedikit maka lebih baik Anda tidak menggunakan nama url dengan kata kunci.

3. Mengaktifkan Fitur Meta Description

Anda harus mengaktifkan fitur meta description. Hal ini bertujuan agar pengunjung dapat mengetahui gambaran informasi dari konten yang ada di blog Anda. Hal ini dapat memudahkan pengunjung untuk mengetahui kebutuhan mereka.

4. Gunakan Template Blog SEO Friendly

Untuk menggunakan template blog SEO Friendly ini Anda memiliki dua opsi. Yaitu mencari template SEO Friendly yang sudah jadi atau mengedit template Anda saat ini menjadi SEO Friendly. Jika Anda ingin mencari template yang sudah jadi Anda bisa mencari di mesin pencari atau Google mengenai koleksi template SEO Friendly. Namun jika Anda ingin mengedit template Anda, Anda bisa menyesuaikan template blog Anda dengan kriteria-kriteria blog yang SEO Friendly.

5. Lakukan Optimasi Onpage

Optimasi SEO Onpage ini penting dilakukan karena Anda harus mengoptimasi komponen dasar dari blog Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai SEO Onpage Anda dapat membaca: Apa Itu SEO On-Page? Ini Pengertian & Komponennya!

Nah itu tadi adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat blog SEO Friendly. Tentu nya membutuhkan waktu yang cukup lama namun jika Anda berusaha secara maksimal maka blog Anda akan dapat berada di halaman pertama mesin pencari. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam lagi, Anda dapat bergabung dengan Campus Digital Indonesia dengan mendaftar disini.

 Yok kunjungi dan daftar di Campus Digital

Hubungi Kami