Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

2 tahun yang lalu


Bagaimana Membuat Rencana Strategi Digital Marketing

2 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Sebuah strategi tidak dapat berjalan dengan baik tanpa perencanaan yang matang, begitu pula dengan digital marketing. Sebagai bagian dari strategi marketing bisnis, digital marketing saat ini memegang peranan penting dibandingkan dengan melakukan marketing secara tradisional. Bagi para digital marketer, rencana digital marketing mencakup banyak hal yang mampu menarik dan mempengaruhi pembeli di era digital marketing saat ini. Berikut langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk membuat rencana digital marketing :

1. Identifikasi ceruk pasar anda

Dalam bahasa ekonomi ceruk pasar dipahami sebagai segmen pasar yang spesifik. Ceruk pasar dapat diartikan sebagai celah pasar yang dapat direbut oleh produsen/pedagang dari kompetitor yang memasarkan suatu produk sejenis sehingga jumlah konsumen semakin banyak lagi yang terjaring memanfaatkan / membeli produk mereka.

Dengan anda mengidentifikasi ceruk pasar mana yang akan anda masukin, anda akan mendapatkan segmen baru yang bisa anda optimalkan dalam. Selain itu anda juga tidak head to head dengan pemain besar yang sudah ada sebelum anda. Dan bisa lebih efektif dan efisien, ibaratkan target anak panah yang tepat ditengah dengan area yang kemungkinan besar akan kena. Bidikan promosi akan lebih mudah karena spesifik dan tidak luas.

Baca Juga Digital Marketing TikTok, Masa Depan Digital Marketing ?

2. Temukan cara kreatif untuk mencapai ceruk pasar anda

Setelah anda dapat mengidentifikasi ceruk pasar anda, selanjutnya temukan cara kreatif untuk mencapai ceruk pasar anda tersebut. Disinilah peran dari riset pasar itu penting. Setiap segmen pasar tentu memiliki pendekatan yang berbeda. Susunlah konten digital marketing yang sesuai dengan ceruk pasar anda. tentu berbeda konten untuk perempuan muda dengan pria muda, Dengan konten digital marketing ini anda dapat mampu meningkatkan komunikasi antara merk dengan klien, baik dalam hal yang ingin Anda sampaikan dan seberapa kuat dampaknya pada mereka.

3. Membuat tujuan yang terukur

Dengan mengetahui terlebih dahulu apa tujuan yang ingin Anda capai sebelum memulai perencanaan, dapat membantu Anda menentukan hal-hal apa saja yang cocok untuk dimasukkan dalam daftar strategi perencanaan untuk marketing bisnis Anda. buatlah tujuan yang terukur, agar setiap langkah yang dilakukan bisa sesuai dengan apa yang anda inginkan.

4. Tes dan evaluasi kampanye anda.

setelah kampanye dibuat dan dilempar kepada publik, pelaku bisnis perlu mengukur performa seberapa efektif kampanye digital marketing yang sudah mereka buat. disini menggunakan tolak ukur dari tujuan yang sudah dibuat selanjutnya. apabila dalam mengevaluasi terdapat kesalahan bisa diketahui dan bisa diperbaiki secepat agar bisa semakin efektif kampanye yang sudah anda buat. terus melakukan tes dan evaluasi sampai kampanye anda benar-benar efektif menarik para pelanggan kepada anda.

Baca lebih banyak artikel di Campus Digital

Hubungi Kami