Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


#sosialmedia #audienceinsight

Beberapa Hal dalam Menentukan Audience Insight!

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Di artikel ini, kami akan membahas secara lebih mendetil tentang 3 (tiga) jenis Audience Insight pada Facebook Ads lebih spesifiknya dalam menentukan Audience Insight. Hal itu dapat Anda manfaatkan sebagai target iklan bisnis produk atau layanan Anda.

Audiens yang kami maksud di sini adalah kepada para pengguna Facebook dari seluruh dunia. Mencakupi beragam minat, kebiasaan, karakter, dan perbedaan lainnya. Anda sebagai pengiklan, sudah seharusnya untuk menemukan dan memiliki kelompok audiens yang paling cocok untuk bisnis produk atau layanan Anda.

Pengaturan spesifik mengenai audiens dapat Anda temukan di bagian Adset. Anda secara bebas dalam menentukan target audiens pada iklan dapat berdasarkan usia, perilaku, minat, lokasi, dan demografi. Hingga saat ini, Facebook Ads merupakan salah satu dari platform beriklan yang sangat powerful. Memungkinkan Anda untuk beriklan ke target audiens yang sangat spesifik.

Terdapat 3 (tiga) jenis dalam menentukan Audience Insight pada Facebook Ads yang dapat Anda manfaatkan sebagai target iklan Anda:

  • Saved Audience
  • Custom Audience
  • Lookalike Audience

Jenis-Jenis Audience dalam Facebook

1. Saved Audience

Istilah lainnya adalah broad audience atau audiens yang luas dan belum memiliki target. Jenis audiens ini, terbentuk dari adanya komposisi detailed targetting yang Anda buat secara manual melalui Adset.

Ketika Anda membuat sebuah target dengan menggunakan broad audience, Anda harus bisa menentukan jenis audiensnya. Seperti apa yang sekiranya cocok untuk iklan produk atau layanan yang akan Anda tawarkan. Maka dari itu, ini adalah langkah untuk menentukan target audiens yang paling awal bagi Anda yang pertama kali beriklan.

2. Custom Audience

Apabila Anda sudah sering beriklan dengan menggunakan Saved Audience, maka Anda telah memiliki data. Maupun itu dari kumpulan email pelanggan, nomor telepon, atau database pixel yang terekam melalui situs Anda. Sehingga melalui data-data tersebut, Anda dapat mengkonversikannya menjadi sebuah audiens di Facebook Ads dengan cara meng-upload datanya.

[caption id="" align="aligncenter" width="379"]Custom Audience Facebook Ads Custom Audience Facebook Ads[/caption]

Berdasarkan gambar di atas, terdapat beberapa fitur custom audience yang tersedia, di antaranya:

a. Website

Anda dapat membuat custom audience berdasarkan pada data orang-orang yang masuk ke dalam website Anda hasil rekaman dari Pixel.

b. Customer List

Anda dapat membuat custome audience dengan cara meng-upload database yang Anda miliki. Facebook yang nantinya akan mencari akun-akun user sesuai dengan database milik Anda.

c. App Activity

Anda dapat membuat custom audience yang berisi orang-orang dalam menggunakan aplikasi yang Anda buat. Selain itu, Anda dapat membuat sekumpulan audiens yang telah melakukan aktivitas tertentu melalui aplikasi, contohnya orang-orang yang melakukan pembelian.

d. Offline Activity

Apabila Anda memiliki bisnis toko offline, maka Anda dapat membuat custom audience berdasarkan aktivitas merika di dunia offline.

3. Lookalike Audience

Contohnya adalah ketika Anda memiliki data 300 nomor telepon orang-orang yang pernah membeli produk Anda, maka Anda upload ke Facebook untuk dibuatkan custom audience. Melalui data tersebut, Facebook telah menyediakan fitur ini untuk membuat lookalik-nya.

Dari 3 (tiga) jenis audiens Facebook Ads di atas, tentunya Anda telah memiliki banyak ide serta strategi untuk mengoptimasi iklan menjadi lebih baik, bukan?

bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami