Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload #wabsite #konsepdigitalmarketing #seo #marketplace #media sosial

Belum Paham Cara Membuat Facebook Ads? Segera Intip Artikel Ini!

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Saat ini, kebutuhan marketing dengan memanfaatkan media sosial merupakan suatu kewajiban bagi para pelaku bisnis. Terdapat beberapa media sosial yang menyediakan platform, secara khusus bagi para pelaku bisnis, yaitu salah satunya adalah Facebook Ads.

Facebook Ads?

Suatu platform periklanan yang Facebook kembangkan, di mana dengan menggunakan platform tersebut, para pelaku usaha dapat memasang iklannya mengenai perusahaan yang mereka miliki, seperti penawaran produk atau jasa.

Sebelum kita memasuki pembahasan cara membuat Facebook Ads. Tentunya, harus paham dahulu dengan persiapan yang harus kita kenal sebelum untuk mengenal lebih spesifiknya.

"Cara

Ada beberapa hal non-teknis yang perlu kamu ketahui sebelum masuk dan menggunakan Facebook Ads, berikut ini:

1. Pahami Bisnis dan Tujuan Perusahaan Anda

Hal yang terpenting untuk Anda ketahui, sebelum mulai memasang iklan di Facebook Ads adalah harus mengetahui dan benar-benar paham dengan bisnis dari tujuan perusahaan yang Anda miliki. Seperti, bisnis yang sedang Anda jalankan berfokus di bidang ekonomi, maka Anda harus pahami apa yang ingin audiens lihat dari tinjauan perusahaan Anda.

2. Pahami Audiens

Sebelum memulai bertindak, tentunya Anda harus pahami audiens yang akan Anda targetkan sebagai pembaca atau pengguna dari produk bisnis yang Anda jalankan. Semakin Anda memahami mengenai detail target yang harus Anda miliki, maka akan semakin mudah untuk beradaptasi serta memanfaatkannya.

3. Siap Mempelajari Hal Baru

Persiapan yang paling terakhir adalah harus siap untuk mempelajari berbagai hal baru di dalam Facebook Ads. Setidaknya harus terdapat 3 (tiga) hal yang harus Anda kuasai, yaitu merencanakan iklan, memasang iklan, membaca iklan, dan menganalisa iklan.

Dari ketiga persiapan di atas merupakan persiapan penting sebelum Anda memulai belajar Facebook Ads. Di mana langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membuat Facebook Ads.

Untuk memasang iklan di Facebook Ads, tentunya memerlukan sebuah akun iklan agar dapat mengikuti langkah di bawah ini untuk memasang iklan.

1. Buka Halaman Ads Manager dan Pilih Menu Buat Iklan

Ketika di halaman ini, Anda dapat memilih tujuan pemasangan iklan. Terdapat 11 pilihan yang tersedia, yaitu brand awareness, store traffic, reach, catalog sales, traffic, conversions, engagement, messages, app installs, lead generation, dan video views. Setelah itu, pilih yang sekiranya paling cocok dengan tujuan iklan yang akan Anda tayangkan.

2. Beri Nama Kampanye Iklan

Pada langkah ini, Anda dapat menentukan nama iklan dan memilih apakah akan melakukan A/B split test atau tidak. Anda juga dapat memilih opsi sekaligus mengoptimalisasikan budget Anda, apabila iklan telah berjalan.

3. Menentukan Audiens yang Telah Anda Tentukan

Dalam menentukan audiens yang telah Anda tentukan, dapat Anda awali dengan lokasi target, usia, gender, dan bahasa. Ketika melakukan hal ini, pada sidebar di bagian kanan Facebook Ads akan muncul suatu indikator. Indikator tersebut adalah seberapa luas jangkauan dari iklan Anda yang telah disesuaikan dengan budget.

4. Pilih di mana Iklan yang akan Anda Munculkan

Facebook memiliki beberapa slot iklan yang dapat Anda gunakan, seperti pada timeline, messenger hingga Instagram. Namun, slot iklan yang cocok untuk Anda gunakan sebagai pembelajaran adalah menggunakan Automatic Placement. Tujuannya untuk membaca performa dari peletakkan mana yang memiliki tingkat interaksi paling tinggi.

5. Atur Budget

Hal ini juga merupakan hal penting untuk memproduksi iklan di Facebook dan pilih jadwal, seperti pada tanggal berapa serta jam berapa iklan akan tayang dan berhenti.

6. Memasukkan Konten Iklan

Setelah semua langkah di atas Anda lakukan, langkah yang terakhir ini adalah memulai untuk memasuki konten iklan, seperti copywriting, gambar atau video hingga halaman situs yang akan Anda sertakan ketika iklan akan berjalan.

Nah, itu semua adalah langkah yang perlu Anda ketahui dan lakukan untuk bisa menggunakan Facebook Ads!

 

Hubungi Kami