Pandan Ayu

Kontributor

1 tahun yang lalu


#wabsite # marketplace

Berkenalan Dengan Blog Marketing

1 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Tahu tidak, kalau zaman sekarang blog marketing adalah cara pemasaran baru di era digital? Ingin tahu lebih lanjut? Artikel ini akan membahas mengenai blog marketing. Simak baik-baik, ya.

Apa Itu Blog Marketing?

Blog marketing adalah salah satu strategi pemasaran di zaman digital yang menggunakan blog

sebagai media utamanya. Namun, strategi ini tidak sesimpel atau semudah yang kalian kira. Marketing dengan blog tidak hanya sekadar memposting dan mempromosikan produk saja.

Banyak sekali tahap yang harus kalian persiapkan untuk membuat blog pemasaran. Mulai dari pembuatan konten berkualitas, promosi untuk menarik audiens,

mengumpulkan audiens, dan mengkonversi mereka menjadi lead atau konsumen tetap.

Nah, sebelum membahas hal-hal tersebut, alangkah baiknya apabila kalian tahu alasan-alasan

mengapa harus menggunakan blog sebagai alat marketing utama. Dengan begitu, kalian bisa mempunyai gambaran dan target yang jelas ketika menjalankan blog marketing.

Baca Juga: 3 Konsep Digital Marketing yang Wajib Kamu Tahu

Alasan Harus Menggunakan Blog Sebagai Alat Pemasaran

Biayanya Cukup Murah

Marketing gaya lama mengeluarkan biaya yang cukup besar, seperti untuk membuat brosur, memasang billboard, iklan, dan lainnya. Meskipun biaya yang dikeluarkan besar, itu tidak menjamin hasil yang bagus. Dengan blog, biaya yang kalian keluarkan tidak cukup besar. Sebab kalian hanya perlu menyiapkan biaya untuk internet, website berbayar, serta layanan hosting.

Pengoperasian Mudah

Dalam mengoperasikan blog, kalian tidak terlalu memerlukan pendidikan bertahun-tahun. Asalkan memiliki keterampilan seperti copy writing dan desain, blog sudah dapat kalian buat.

Meningkatkan Peringkat Website Di Halaman Pencarian

Apabila menggunakan blog sebagai alat pemasaran, kalian dapat berlomba-lomba mendapatkan banyak traffic. Artinya, blog kalian bisa berkesempatan untuk memperoleh peringkat teratas di mesin pencarian. Hal ini tentu saja dapat membantu kalian dalam mendapatkan banyak audiens atau calon pelanggan.

Memberi Kesempatan Untuk Mendapatkan Kepercayaan Dari Audiens

Melalui blog, kalian bisa berkomunikasi dengan audiens. Komunikasi pada kolom komentar, informasi-informasi mengenai produk kalian atau pemberian tips dapat membangun hubungan antara audiens dan pemilik blog. Dengan begitu, kepercayaan dari audiens pun dapat terbangun. Kalian pun jadi dapat memiliki kemudahan dalam mengubah audiens menjadi pelanggan yang

akan membeli produk atau jasa anda.

Baca Juga: Digital Marketing dalam Bisnis Start-Up

Meningkatkan Penjualan

Melalui blog, penjualan produk atau jasa dapat meningkat. Hal ini karena dengan traffic yang meningkat dan peringkat yang bagus di halaman mesin pencari, pengunjung pun akan banyak. Semakin banyak orang yang melihat dan membuka blog kalian, kesempatan untuk memperoleh pelanggan baru pun meningkat. Penjualan juga dapat ikut meningkat.

 

Demikian beberapa hal yang bisa kamu dapat dari blog marketing. semoga artikel ini bermanfaat ya.

Apabila kamu ingin belajar tentang dunia marketing digital, bisa banget lho mengikuti program dari Campus Digital. Dijamin mahir!

Hubungi Kami