Salwa Nida

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips #wabsite #marketplace

Bisnis Video di Facebook : Menghasilkan Uang

2 tahun yang lalu - By Salwa Nida

[caption id="" align="aligncenter" width="1000"]Behind the scene content creator dalam pembuatan videoBehind the scenecontent creator dalam pembuatan video[/caption]

Facebook adalah media sosial yang memiliki lebih dari 2,7 miliar pengguna setiap bulannya. Sebagai content creator, Facebook memberikan beberapa penawaran menarik. Dengan penawaran ini Anda bisa menghasilkan uang di Facebook nantinya. Dari sini nantinya Anda bisa melakukan bisnis video di Facebook dan bisa menghasilkan uang dari video yang sudah Anda upload nantinya. Anda juga bisa melakukan live streaming di Facebook ini. Lalu, berikut ini merupakan langkah-langkah melakukan bisnis video di Facebook.

1. Daftar Dulu Sebagai Facebook Creator

Menjadi Facebook Creator merupakan langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari video di Facebook. Setelah itu, Anda bisa membuat halaman bisnis atau grup yang berfungsi sebagai tempat Anda memposting video.

Dan untuk memonetisasi video, Anda bisa menggunakan Facebook Creators Studio, kemudian mulai cari menu pembuat video sebagai kategori halaman di bawah tanda info halaman, pada bagian pengaturan pada halaman Facebook. Tetapi, jika Anda ingin membagikan video dalam bermain game ataupun saat streaming, Anda bisa memilih pembuat video Gaming sebagai kategori halaman.

Buatlah video Anda dengan semenarik mungkin. Selanjutnya, Anda bisa mulai membagikannya pada halaman Facebook, grup Facebook, atau pada bagian Instagran di IGTV. Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai IGTV dengan mengunjungi halaman ini.

2. Memonetisasi Video Facebook dengan Iklan

Facebook telah memberikan fitur kepada content creator untuk menghasilkan uang dengan menampilkan iklan pada video mereka yang memenuhi syarat. Ada beberapa kriteria untuk mengaktifkan iklan In-stream di video Facebook Anda.

Persyaratan Video Facebook dengan Iklan
  1. Memiliki minimal 10000 pengikut pada halaman Facebook.
  2. Halaman Facebook memiliki minimal 5 video aktif.
  3. Memiliki 600000 total menit yang ditonton dalam dan 60 hari terakhir.
  4. Video harus berdurasi minimal 1 menit dan maksimal 3 menit. Jika lebih dari 3 menit, berikan jeda alami di setiap 1 menit.

Untuk Pembuat video mengenai game yang ingin menghasilkan uang dengan streaming secara langsung bisa menampilkan iklan in-stream setelah mendapat persetujuan dari Facebook.

3. Kolaborasi dengan Suatu Brand atau Merek

Pada Facebook ini Anda bisa menghasilkan uang dengan melakukan kemitraan dengan suatu brand atau merek yang relevan dan membagikan konten bersponsor.

Persyaratan Video Kolaborasi:
  1. Memiliki minimal 1000 pengikut pada halaman Facebook.
  2. Memiliki 15000 interaksi pada postingan dan 180000 menit tayangan dalam 60 hari terakhir.
  3. Video harus berdurasi minimal 1 menit dan maksimal 3 menit. Jika lebih dari 3 menit, berikan jeda alami di setiap 1 menit.

4. Subscription dari Penggemar

Fitur subscription ini sama dan mirip pada Youtube. Fitur ini mulai tersedia terbatas pada halaman yang memungkinkan untuk membuat langganan dan mendapatkan uang.

Apabila Anda belum memenuhi syarat untuk menawarkan subscription untuk penggemar menggunakan Facebook Creator Studio tetapi sudah membuat konten, maka Anda bisa membagikan konten ini ke grup pribadi dan menawarkan keanggotaan bulanan kepada mereka.

Harapan Saya setelah mengikuti beberapa langkah-langkah di atas. Anda bisa melakukan bisnis Video di Facebook Menghasilkan Uang Untuk selebihnya, kunjungi website Campus Digital.

Hubungi Kami