Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Blogger Milik Google : Blogspot

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

Google Blogger adalah platfrom layanan penerbitan blog gratis yang diselenggarakan oleh Google. Blogger pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs dan Google memberlinya pada tahun 2003. Secara umum, untuk mengakses Blog menggunakan subdomain "blogspot.com."

Google Blogger

Blogger adalah sistem manajemen konten online (CMS) yang memfasilitasi pembuatan situs diskusi online informal. Pengguna bisa mendapatkan domain blogspot.com secara gratis atau dapat membeli domain, jika ingin mengkustom. Pengguna juga dapat menyesuaikan blog mereka dengan template yang berbeda, tata letak yang fleksibel, dan ratusan gambar latar belakang.

Untuk menggunakan Blogger, pengguna harus membuat akun Google (Gmail). Setelah membuat akun Google, pengguna dapat mengunjungi website Blogger untuk login. Pengguna dapat menyesuaikan nama akun mereka dan memilih format untuk subdomain, seperti : Nama Akun : Memasak Ceria dan Subdomain : Gemarmemasak.blogspot.com.

Baca juga mengenai : Media Sosial vs Website dalam Dunia Digital Marketing

Meskipun popularitasnya saat ini sudah berkurang, Google Blogger memiliki basis pengguna internasional yang besar dan populer di negara-negara seperti Burkina Paso, Malaysia dan Indonesia. Layanan ini tersedia dalam lebih dari 60 bahasa. Blogger memiliki sekitar 78,74 juta pengunjung ke lokasinya per April 2020.


Layanan Blogger

Konten dihosting di Cloud Spanner, layanan basis data Google yang dirilis pada tahun 2017. Blogger juga terhubung dengan Google AdSense dan Google Analytics.

Pengguna dapat menggunakan Google AdSense untuk secara otomatis menampilkan iklan bertarget yang relevan sehingga pengguna dapat menghasilkan uang melalui situs Google Blogger mereka sendiri. Pengguna harus mendaftar untuk akun AdSense secara terpisah, dan kemudian menautkan iklan ke blog masing-masing. Tidak semua blog memenuhi syarat untuk iklan, jadi pengguna yang tertarik untuk memasang iklan harus memeriksa ulang tentang kelayakan blog.

Blogger memiliki alat analitik bawaan untuk membantu pengguna mengetahui apa minat pembaca mereka dan darimana saja pembaca blog berasal.

Pengguna juga dapat menghubungkan blog mereka langsung ke Google Analytics untuk informasi lebih detail.

Pengguna mengontrol fitur Blogger melalui dasbor program. Dasbor menampilkan aktivitas blog, berita dari Google, atau pembaruan program apa pun. Pengguna dapat mengelola blog tertentu dengan mengklik judul blog dan mengeditnya. Mereka juga dapat membuat postingan baru dari dasbor, jika ingin melihat dan mengakses situs web Blogger dapat menggunakan desktop atau platform seluler.

Anda dapat memposting di blog Anda menggunakan perangkat seluler Anda. Platfrom Blogger seluler memungkinkan pengguna untuk mengirimkan gambar dari perangkat seluler mereka langsung ke akun Blogger mereka.

Fakta bahwa Blogger gratis dan menyediakan adaptasi multi-level untuk pengguna menjadikannya sistem yang menarik bagi orang-orang yang mungkin mulai dengan blogging. Selain itu, alat blogging dengan kemampuan yang lebih rumit dan canggih juga tersedia.

Pyra Labs mulai memperkenalkan Blogger pertama kali pada tahun 1999, itu adalah salah satu alat penerbitan blog pertama di Internet. Google mengakuisisi Blogger pada tahun 2003. Pada tahun 2004, Google melakukan perubahan pada CMS secara besar-besaran dan beberapa layanan Blogger premium dibuat gratis setelah akusisi.

 Yok kunjungi dan bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami