Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#sertifikasi #BNSP #digitalmarketing #campusdigital

BNSP adalah Badan Nasional Sertifikasi Profesi

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan yang mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan tepat. Sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan kompetensi dan keterampilan calon karyawan yang profesional dan mampu melakukan tugas nya sesuai dengan indikator kompetensi karyawan yang perusahaan harapkan. Sehingga lembaga sertifikasi menerbitkan sertifikat kompetensi bagi karyawan. Sertifikasi BNSP adalah salah satu yang paling banyak orang cari.

BNSP merupakan lembaga independen yang pemerintah bentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja pada semua bidang profesi. BNSP menerbitkan sertifikat berstandar nasional sesuai indikator kompetensi masing-masing profesi. Anda bisa mendapatkan sertifikat ini melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sebagai pelaksananya. Dampak positif yang terjadi yaitu daya saing dan produktivitas para tenaga kerja menjadi semakin meningkat.

Apa itu BNSP?

BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) adalah Badan nasional independen yang memiliki tanggung jawab langsung pada Kepala Negara. Badan ini berperan dalam melaksanakan uji kompetensi terhadap sumber daya manusia Indonesia.

BNSP menjadi lembaga penjamin kualitas dari tenaga kerja guna mengembangkan kapasitas daya saing nasional. Badan Nasional Sertifikasi Profesi didirikan atas panduan Peraturan Nomor 23 tahun 2004 dengan acuan pada UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Pendirian Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai bagian terpadu dari peningkatan sistem kelembagaan dengan matriks baru guna mengembangkan tenaga kerja dengan basis kompetensi.

Proses peningkatan kompetensi memiliki tiga fondasi baku, diantaranya pengembangan standar kompetensi nasional, peningkatan edukasi berbasis kompetensi, serta peningkatan sistem kelembagaan sertifikasi kompetensi yang bisa berdiri sendiri.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi menjalankan misinya dengan menugaskan berlangsungnya pelaksanaan uji coba kompetensi dan melakukan sertifikasi kompetensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Baca Juga: Program Pelatihan Sertifikasi BNSP

Bagaimana Cara Memperoleh Sertifikat BNSP?

1. Menguasai kompetensi sesuai dengan bidang profesi yang Anda tuju

Langkah pertama untuk memperoleh sertifikat BNSP yaitu menguasai keahlian sesuai dengan profesi yang Anda tuju. Semisalnya bila Anda ingin memperoleh sertifikat BNSP Digital Markerting, Anda harus menguasai teori dan praktik terkait profesi digital marketer.

2. Penuhi dokumen persyaratan yang dibutuhkan

Setiap sertifikasi profesi memiliki dokumen persyaratan masing-masing. Seperti, untuk sertifikasi Digital Marketing, Anda harus melengkapi dokumen seperti pas fotom, KTP, ijazah terakhir, CV, portofolio dan sertifikat pendukung.

3. Jalani metode assesment

Terdapat dua jenis assesment yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh sertifikat tersebut. Bagi Anda yang belum mempunyai pengalaman sama sekali, assesment dilakukan melalui observasi demonstrasi dan tes lisan. Sedangkan bagi Anda yang telah memiliki pengalaman, assesment dilakukan melalui portofolio dan wawancara.

4. Dapat Sertifikat

Setelah berhasil lolos dari assesment Anda akan memperoleh sertifikat yang akan berlaku selama tiga tahun. Bila Anda telah memiliki sertifikat ini, Anda dapat memasukkannya ke dalam CV maupun profil Anda.

Itulah definisi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan manfaat sertifikasi BNSP. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih dalam dan mendapat sertifikat BNSP digital marketing, yuk segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami