Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Brand Awareness dan Cara Membangunnya

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

Brand Awareness

Sebuah perusahaan perlu mengetahui apa itu brand awareness dan cara membangunnya. Hal ini bertujuan agar masyarakat sadar akan keberadaan suatu merek. Jika masyarakat sudah berhasil sadar akan keberadaan sebuah merek, maka calon konsumen akan selalu mengingat dan memilih merek tersebut. Pada tulisan kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu brand awareness serta cara membangunnya dalam suatu bisnis. Yuk, simak artikel ini dengan baik!

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness merupakan rasa tidak asing yang masyarakat rasakan terhadap suatu produk atau jasa. Masyarakat akan merasa familiar dengan nama, tagline, logo, warna dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan sebuah brand. Brand awareness yang baik akan menjadi investasi jangka panjang sebuah bisnis sehingga sangat penting untuk dilakukan.

Cara Membangun Brand Awareness

Membangun brand awareness di era digital marketing dapat kamu lakukan dengan beberapa cara, seperti:

1.     Media Sosial

Maraknya penggunaan media sosial membuat pebisnis memanfaatkannya sebagai platform untuk melakukan kegiatan marketing. Penggunanya aktif bermedia sosial untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk kebutuhan yang berkaitan dengan produk atau jasa. Mereka akan menggunakan jasa atau membeli produk yang mereka cari di media sosial.

Baca juga 5 Tips Optimasi Toko Online

2.     Content Marketing

Content marketing yang kreatif dan berkualitas akan membangun brand awareness yang baik bagi suatu perusahaan. Strategi ini akan menjadi baik jika konten yang kamu sebarkan tidak hanya menawarkan produk atau jasamu, tetapi memberikan informasi penting kepada target audiens.

3.     Video Marketing

Konten audio-visual ini menjadi salah satu cara yang baik untuk membangun brand awareness suatu perusahaan. Dengan kualitas video yang baik serta menarik, membuat masyarakat ingin menonton video tersebut secara terus-menerus sehingga mereka mengingat brand kamu.

4.     Influencer Marketing

Menggunakan jasa influencer marketing untuk produk atau jasa menjadi hal yang populer di era digital marketing. Mereka yang memiliki banyak pengikut serta mampu mempengaruhi audiensnya dapat membantu kamu untuk membuat review positif tentang jasa atau produkmu.

5.     Event Marketing

Menyelenggarakan atau mengikuti suatu event dapat membantu kamu dalam kegiatan marketing khususnya promosi. Masyarakat akan mengenal dan mengingat sebuah brand secara tidak langsung jika brand tersebut sering tampil di berbagai event. Apabila masyarakat sudah merasa kenal dengan brand, maka mereka akan lebih memilih menggunakan brand tersebut daripada brand milik kompetitor.

6.     Sponsorship

Menjadi sponsorship untuk event tertentu juga mampu membangun brand awareness bisnis kamu. Hal ini terjadi karena logo brand milik kamu akan tampil dan dilihat oleh audiens saat event tersebut berlangsung. Dengan begitu, audiens yang mengikuti event tersebut akan aware dengan brand kamu.

7.     Merchandise

Merchandise milik brand kamu bisa didapatkan oleh konsumen pada saat melakukan promo dengan syarat-syarat tertentu. Konsumen akan selalu mengingat brand kamu apabila mereka mendapatkan merchandise yang didalamnya tersemat nama, logo, gambar dan hal lainnya yang masih berkaitan dengan brand.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu siap membangun brand awareness bisnismu? Atau masih bingung harus memulainya dari mana? Masih ada kesempatan buat kamu yang ingin membangun brand awareness tetapi masih bingung untuk memulainya. Dengan mengikuti kursus digital marketing online bersama Campus Digital, kamu akan lebih terarah dalam membangun brand awareness suatu brand. Yuk, ikuti kursusnya sekarang juga!

Hubungi Kami