Kariena SA

Kontributor

2 tahun yang lalu


#brandawareness #seo

Brand Awareness: Pengertian dan Cara Menciptakannya!

2 tahun yang lalu - By Kariena SA

Brand Awareness: Pengertian dan Cara Menciptakannya!

penting. Hal ini karena pengenalan produk dapat membantu konsumen dalam memutuskan pilihan pembelian suatu produk tertentu. Oleh karena itu, mari simak apa itu brand awareness dan bagaimana cara menciptakannya!

Source: Pixabay

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness atau kesadaran merek adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu produk dengan namanya. Menciptakan kesadaran merek adalah langkah kunci dalam mempromosikan produk baru atau menghidupkan kembali merek lama. Idealnya, kesadaran merek dapat mencakup kualitas yang membedakan produk dari pesaingnya.

Cara Kerja dan Fungsi Brand Awareness

Produk dan layanan yang mempertahankan tingkat kesadaran merek yang tinggi cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan. Konsumen yang dihadapkan pada pilihan lebih cenderung membeli produk bermerek daripada produk yang tidak mereka kenal.

Pertimbangkan dalam industri minuman ringan. Jika kita menghilangkan kemasannya, banyak minuman ringan tidak bisa kita bedakan. Raksasa di industri, Coca-Cola dan Pepsi, mengandalkan kesadaran merek untuk menjangkau konsumen mereka dengan membuat merek tersendiri. Selama bertahun-tahun, perusahaan-perusahaan ini telah menerapkan strategi periklanan dan pemasaran yang telah meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen, dan yang secara langsung dapat menerjemahkannya ke dalam penjualan yang lebih tinggi.

Tingkat kesadaran merek yang lebih tinggi untuk merek dominan dalam suatu kategori dapat berfungsi sebagai parit ekonomi yang mencegah pesaing mendapatkan pangsa pasar tambahan.

Baca juga 9 Tips Meningkatkan Brand Awareness

Cara untuk Menciptakan Brand Awareness

Media cetak tidak sekuat dulu, tetapi masih ada konsumen yang membaca koran dan majalah. Penempatan iklan yang strategis, seperti di lokasi yang ditargetkan di bagian surat kabar yang sesuai atau di publikasi khusus, dapat menarik perhatian konsumen dan menciptakan brand awareness.

Misalnya, sebuah perusahaan baru yang akan berdagang di forex (FX) dapat beriklan di majalah yang berfokus pada perdagangan global dan mata uang untuk menciptakan brand awareness di kalangan investor.

Penggunaan iklan di lokasi fisik seperti di dalam toko juga dapat menciptakan kesadaran merek. Produk pembelian impulsif sangat cocok untuk distribusi dan iklan di dalam toko. Perusahaan yang memasarkan permen baru dapat mendistribusikan produk di lokasi point-of-sale (POS) untuk menciptakan kesadaran merek.

Sponsor acara adalah cara lain yang efektif untuk menciptakan kesadaran merek. Acara amal, acara olahraga, dan penggalangan dana memungkinkan visibilitas yang menonjol dari nama dan logo perusahaan.

Misalnya, perusahaan asuransi kesehatan dapat mendistribusikan paket kesehatan bermerek perusahaan secara gratis di maraton amal. Ini mengaitkan merek dengan tindakan niat baik dan perasaan komunitas.

Sumber: Investopedia

Jika ingin mengenal lebih brand awaeness gabung dengan kami di Campusdigital

Hubungi Kami