Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload #trik & tips #brandloyaly

Brand Loyalty : Bagaimana Cara Membangunnya?

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Apa itu Brand Loyalty?

Brand loyalty merupakan salah satu pencapaian tinggi dalam suatu brand atau perusahaan dalam mempertahankan pelanggan. Istilah lain nya adalah pembelian ulang oleh konsumen seiring berjalannya waktu atau bisa disebut dengan repeat purchase.

Kenapa hal itu dapat terjadi? Ya, karena di dalam hubungan antara brand dengan konsumen sudah timbul rasa percaya yang terjalin antara kedua pihak. Konsumen meyakini bahwa brand yang ia gunakan merupakan brand yang sudah sesuai dengannya. Sehingga konsumen dengan loyal melakukan pembelian berulang untuk brand yang sama.

Lalu Bagaimana Cara Membangun Brand Loyalty?

Untuk membangun sebuah brand loyalty dalam sebuah perusahaan, terdapat beberapa tahapan branding yang Anda bisa lakukan. Yang pertama harus Anda lakukan adalah mempromosikan, mengenalkan brand anda dan membangun kepercayaan konsumen. Setelah Anda mendapatkan kepercayaan konsumen, berikut cara meningkatkan brand loyalty sebuah brand:

1. Membedakan Brand dengan Kompetitor

Anda harus bisa menjelaskan apa yang anda jual? Apa kelebihan dan kekurangan produk dan jasa yang sama sama menawarkan produk serupa? Dan Anda harus bisa membuat orang tertarik dengan produkmu dan tonjolkan keunikannya di mata konsumen.

2. Meningkatkan Brand Engagement

Tujuan utama dari brand loyalty adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar tetap setia dan kembali membeli produk dan jasa serupa. Namun, untuk mendapatkan nya Anda tentunya harus memiliki pelanggan terlebih dulu.

Nah, caranya yaitu dengan meningkatkan brand engagement. Dengan selalu memberikan update produk atau promosi secara berkala agar pelanggan tetap ingin menggunakan produknya.

3. Menjaga Tingkat Konsistensi Suatu Brand

suatu brand harus mempunyai konsistensi dalam menjaga kualitas produk dan jasanya. Karena jika Anda tidak konsisten, maka ada kemungkinan jika konsumen akan berpindah ke kompetitor atau brand lain.

4. Memahami Kebutuhan Konsumen

Untuk menciptakan brand loyalty konsumen, diperlukan pemahaman akan kebutuhan yang di inginkan konsumen.

Oleh karena itu, perusahaan bisa melakukan survey atau riset pasar mengenai apa saja yang dibutuhkan atau yang sedang tren dikalangan masyarakat saat ini.

5. Memberikan Reward untuk Konsumen Setia

salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik konsumen agar tetap setiap kepada brand Anda adalah dengan memberikan sebuah reward atau hadiah. Anda juga bisa memberikan reward berupa diskon dan promosi. Tujuan nya adalah agar konsumen merasa betah berada di produk milikmu.

6. Membangun Komunikasi yang baik dengan Konsumen

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun komunikasi dengan konsumen. Salah satu nya yaitu menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan sebagainya. Bangun komunikasi dengan selalu membagikan informasi up-to-date dan membalas pesan ataupun komentar.

Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam mengenai brand loyalty. Anda bisa bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami