Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite #tips&trik

Business Analyst : Pengertian dan Perannya Bagi Bisnis.

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Menjalankan sebuah bisnis bukanlah sebuah perkara yang mudah. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan pada setiap pengambilan keputusannya. Berbagai analisa harus dilakukan salah satunya tentu saja analisis dari sisi bisnis. Pekerjaan tersebut biasanya dikerjakan oleh seorang business analyst. Lalu apa sih business analyst itu ?? dan seberapa penting perannya bagi perusahaan??. Berikut mari kita bahas permasalahan tersebut melalui artikel berikut ini.

Pengertian 

Business Analyst adalah seseorang yang bertugas melakukan analisa, serta memvalidasi persyaratan untuk perubahan proses bisnis, atau kebijakan suatu perusahaan/organisasi. Analisi bisnis memiliki peran vital dalam menggerakkan organisasi menuju efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas.

Pekerjaan tersebut juga merupakan bagian dari operasi bisnis dan berkaitan dengan teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas layanan yang akan kita berikan. Selain itu mereka juga akan melakukan pekerjaan terkait identifikasi sebuah masalah serta menemukan solusi dari permasalahan tersebut agar manajemen dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif. Hasil pekerjaan yang terjadi seringkali menjadi pedoman perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya.

Peran Business Analyst

Mengenai tugas dan tanggung jawab serta Peran seorang analis bisnis berbeda-beda antara perusahaan yang satu dengan lainnya. Hal ini memiliki alasan karena profesi ini memiliki cakupan yang luas bukan hanya dari satu sektor. Business analyst memiliki banyak kategori atau sektor misalnya Quality Control dan Program Management.

Jika kita lihat dari Peran utama dari peran utamanya maka dapat kita simpulkan pekerjaan tersebut memiliki peran untuk menjalin hubungan antara bisnis developer dengan technical developer. Bisnis Analis bekerja sama dengan klien bisnis untuk mengumpulkan / mendefinisikan persyaratan sistem atau proses untuk meningkatkan produktivitas dalam merancang dan menerapkan sistem / proses. Pekerjaan ini merupakan sebuah pekerjaan yang sangat memiliki peluang terutama dalam beberapa tahun ke depan.

Itulah ulasan singkat mengenai business analyst. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai pekerjaan tersebut. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait digital marketing maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada dalam web ini Untuk selebihnya, kunjungi website Campus Digital.

Hubungi Kami