Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#yotube #youtube #sosialmedia #tips&trik #campusdigital

Cara Agar Youtube Tidak Mati saat Keluar Buka Aplikasi Lain

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Youtube menjadi salah satu pilihan disaat suntuk menjalani aktivitas. Entah sekadar menonton podcast, video, atau mendengarkan musik. Namun terkadang kegiatan itu terhenti ketika ada pesan masuk. Seandainya ada cara agar youtube tidak mati saat keluar membuka aplikasi lain pasti akan sangat membantu dalam menikmati waktu santai.

Pada umumnya aplikasi Youtube akan menutup bila Anda sedang membuka aplikasi lain. Meskipun begitu, membuat Youtube berjalan berdampingan dengan aplikasi lain bukanlah hal yang mustahil. Memang ada cara-cara yang dapat melakukan demikian. Apa sajakah caranya?

Cara agar Youtube tidak mati saat keluar membuka aplikasi lain

1. Buka menggunakan browser chrome

Membuka Youtube menggunakan browser Chrome bisa menjadi salah satu trik yang praktis untuk menjalankan Youtube sambil membuka aplikasi lain. Hak ini karena tidak dibutuhkannya aplikasi pihak ketiga atau semacamnya. Untuk penerapannya juga tidak sulit, yaitu seperti membuka browser pada komputer.

Pertama, buka dahulu situs Youtube melalui peramban Chrome. Search video yang ingin Anda tonton dan putarlah. Ketika telah Anda putar, perbesarlah video menjadi mode Full Screen. Tekan tombol home, dan Youtube akan terputar pada belakang layar. Cara ini dapat Anda terapkan di semua jenis smartphone.

2. Dengan cara Split Screen

Kabar baik bagi pengguna smartphone Android 7.0 Nougat, karena telah memungkinkan untuk menikmati fitur Split Screen. Dengan fitur ini, kegiatan multitasking seperti membuka dua atau lebih aplikasi dapat Anda lakukan dengan baik.

Langkhanya yaitu, buka terlebih dahulu aplikasi Youtube untuk menikmati fitur ini. Cari dan putar video yang ingin Anda tonton. Tekan fitur minimize. Pada ujung atas sebelah kiri layar, terdapat Split Screen. Tekan, tahan, dan geser aplikasi Youtube yang telah dibuka ke bagian yang telah ditentukan. Youtube siap berdampingan dengan aplikasi lain.

Baca Juga: 3 Aplikasi Cara Youtube Tanpa Iklan

3. Picture In Picture

Jika Split Screen dapat Anda nikmati bila menggunakan Android Nougat, maka fitur ini dapat Anda manfaatkan sebagai pengguna Android 8.0 Oreo. Fitur ini tidak jauh berbeda dengan Split Screen. Bedanya fitur ini tidak membagi layar, melainkan hanya membuat video menjadi lebih kecil dan mengambang pada layar.

Cara agar youtube tetap berjalan saat buka aplikasi lain dengan fitur ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu membuka dan memainkan video yang hendak Anda tonton. Kemudian tekan menu home dan video akan mengambang pada layar Anda. Video dapat Anda perbesar dan geser sesuai keinginan.

4. Youtube Premium

Youtube Premium merupakan fitur yang ditawarkan Youtube untuk dapat mengakses video Youtube Original dan bebas tanpa iklan. Selain itu, Youtube Premium juga bisa menjadi solusi untuk dapat menonton video di youtube bersamaan dengan aplikasi lain. Fitur ini berbayar sekitar 10 hingga 60 ribu rupiah per bulan.

Setelah menjadi pelanggan berbayar, Anda sebagai penikmat Youtube dapat menikmati akses minimize. Caranya yaitu silakan Anda masuk ke menu setting melalui profil Youtube. Kemudian, pilihlah opsi Background and Download. Pilih Playback dan nyalakan ke mode Always On.

5. YMusic

Agar bisa mengakses Youtube bersamaan dengan aplikasi lain, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. YMusic merupakan salah satu aplikasi yang direkomendasikan. Aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai converter video Youtube menjadi file MP3 yang bisa Anda download.

Langkah untuk bisa menggunakannya, pertama tentunya dengan menginstalnya terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi hingga menu pencarian video muncul. Cari video yang Anda inginkan dan putarlah. Tekan tombol home, dan video Youtube akan berjalan pada latar belakang.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan agar youtube tidak mati saat keluar. Semoga cara tersebut Anda bisa menikmati waktu Anda untuk menonton youtube dengan nyaman. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih jauh terkait social media marketing, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami