Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #konsepdigitalmarketing #marketplace #carakerjaseo # #terupload

Cara Belajar SEO, Blogger Pemula Wajib Tahu!

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Bagi kamu seorang blogger pemula, rasanya tidak ada kata berhenti dalam belajar SEO . Algoritma Google yang selalu berubah membuat kita harus selalu memperbarui strategi SEO pula.

Pada artikel kali ini, kami mengajak kamu para pemula untuk belajar SEO berdasarkan algoritma Google terbaru. Simak penjelasannya berikut ini.

Konsep Dasar SEO

Hal pertama yang harus kamu lakukan pada saat belajar SEO adalah dengan memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. Search Engine Optimization (SEO) ialah strategi optimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di halaman pencarian. Mengapa mendapatkan rangking teratas itu penting? Sebab, situs seperti blogger yang berada di posisi teratas bisa mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dan berkualitas secara gratis, daripada situs website yang berada di peringkat bawah.

Siapa sih, yang tidak ingin mendapatkan banyak pengunjung?

Baca Juga: Dasar-Dasar SEO yang Penting Diketahui Para Pemula

Lalu bagaimana cara mempelajari SEO di Blogger? Berikut langkahnya.

Cara Belajar SEO

Belajar Optimasi Kecepatan Blogger

Pada dasarnya, kalian harus memulai mempelajari SEO dari optimasi kecepatan website. Pasalnya,, kecepatan adalah salah satu faktor peringkat Google. Lakukanlah pengecekan menggunakan berbagai tools seperti Google PageSpeed Insights atau GTMetrix. Setelah mendapatkan hasilnya, segera lakukan optimasi sesuai rekomendasi.

Memastikan blog kamu sudah teroptimasi dengan baik merupakan kunci untuk memperoleh hasil yang optimal.

Optimasi Blogger Agar Mobile-Friendly

Membuat blog yang mobile-friendly adalah suatu keharusan. Hal ini mengingat pengguna smartphone yang semakin meningkat serta akses internet yang semakin terjangkau, sehingga mayoritas orang akan menggunakan ponselnya untuk browsing. Selain itu, website yang mobile-friendly adalah prioritas Google.

Cara membuatnya adalah dengan memasang tema blogger yang responsif. Gunakan juga font yang mudah terbaca dan menyediakan whitespace atau ruang kosong yang cukup. Agar lebih optimal, kalian bisa juga menggunakan Accelerated Mobile Pages (AMP).

Belajar SEO Lewat Riset Keyword

Kata kunci adalah faktor yang tak kalah penting saat belajar SEO. Membuat konten tanpa riset kata kunci merupakan suatu kesalahan besar. Sebab, riset keyword membantu kamu untuk memahami apa yang menjadi kebutuhan pengguna internet.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pada saat meriset kata kunci. Pertama, search volume, ini menunjukkan banyaknya sebuah kata kunci muncul di Google saat melakukan pencarian. Kedua, keyword difficulty, ini untuk memahami sebarapa tingkat kesulitan suatu keyword berada di halaman pertama mesin pencari. Ketiga, ada juga keyword suggestion yang bermanfaat untuk mengetahui kata kunci yang memiliki tujuan yang sama.

Dengan melakukan riset, kamu jadi lebih paham apa yang terbaik untuk konten Blogger-mu.

Belajar Membuat Konten 

Setelah melakukan riset keyword, tahapan belajar yang berikutnya adalah membuat konten. Agar dapat menghasilkan konten yang berkualitas, terdapat beberapa syarat yang perlu kamu penuhi.

Pertama, memastikan konten blog kamu relevan dengan kebutuhan pembaca. Bila tidak, blog kamu kemungkinan tidak akan mendapatkan pengunjung. Kedua, buatlah konten yang beda sekaligus memiliki tingkat pencarian yang baik. Ketiga, berikan informasi yang valid dari sumber terpercaya.

Belajar Link Building

Link building ialah upaya untuk mendapatkan link dari situs lain yang mengarah ke situs kalian.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan pada saat melakukan link building adalah berusaha untuk mendapatkan referring links yang banyak, sebab ini akan menunjukkan bahwa blog kamu merupakan sumber informasi yang kredibel. Selain itu, pastikan pula link relevan dengan konten kamu.

Local SEO

Satu hal penting lainnya dalam belajar SEO terutama apabila konten kamu memiliki target bisnis adalah local SEO.

Local SEO merupakan cara untuk selalu menampilkan website di peringkat teratas pada pencarian lokal mesin pencari. Tahap ini sangatlah penting, mengingat 46% pencarian dilakukan secara lokal dan 29% diantaranya berakhir dengan pembelian.

Bagaimana? Belajar SEO untuk Blogger tidak terlalu rumit, bukan? Tunggu apa lagi, gunakan ilmu yang sudah kamu punya untuk membuat blog menjadi peringkat satu. Selamat mencoba!

Jika kamu tertarik mempelajari SEO lebih dalam, ikuti program di Campud Digital, yuk!

Hubungi Kami