Cara Berjualan di Marketplace Facebook Sampai Laris
3 tahun yang lalu - By Salwa Nida
Pemilik bisnis yang mengatur halaman Facebook Bisnis miliknya
Sebenarnya ada beberapa cara berjualan di marketplace Facebook sampai laris. Saat ini Facebook bukan hanya sekedar media sosial. Namun, saat ini Facebook juga untuk memasarkan produk dari para pengusaha atau pebisnis kepada masyarakat. Pemasaran ini bisa secara gratis dengan menggunakan fitur-fitur yang sudah ada, dan juga bisa secara berbayar dengan menggunakan Facebook Ads. Karena nyatanya,tidak dipungkiri masih ada pebisnis yang sudah menggunakan fitur-fitur Facebook tapi tidak mendatangkan pelanggan baru. Dengan adanya masalah ini, berarti cara penanganan Anda ada yang kurang efektif. Lalu, berikut ini merupakan cara berjualan di marketplace Facebook sampai laris.
1. Jangan Membuat Postingan yang Terlalu Banyak
Maksud dari jangan terlalu banyak di sini yaitu sebaiknya dalam satu hari postingan tidak ada postingan yang beruntutan. Karena, pada kenyatannya lebih banyak tidak selalu lebih baik dalam hal memposting di Facebook. Tidak ada orang yang ingin di-spam, terutama oleh halaman bisnis, jadi sebaiknya pertahankan paling banyak satu posting sehari. Jika tidak, maka pengikut Anda akan mulai tidak menyukai halaman Anda atau menandai konten Anda sebagai spam, sehingga semakin sulit bagi Anda untuk menjangkau orang lain.
2. Adakan Giveaway Atau Diskon Pada Produk Anda
Pengadaan giveaway ini sebenarnya untuk memancing pelanggan baru dan untuk membuat penggemar lama yang setia tetap dekat dengan produk Anda. Anda juga bisa memberikan diskon untuk pelanggan baru yang mengikuti halaman Anda. Dan sebuah diskon minimal pembelian untuk pelanggan lama yang setia. Penerapan ini biasanya cukup efektif mengingat banyak orang yang suka akan hadiah dan diskon.
Baca Juga: Marketing Promotion Mix Dalam Menaikkan Penjualan
3. Tonjolkan Produk yang Anda Jual
Menonjolkan barang dari produk Anda masih merupakan langkah yang efektif. Nyatanya, banyak sekali orang yang lebih tertarik pada gambar produk daripada membaca deskripsi yang detail. Kebanyakan manusia lebih suka melihat secara visual. Jadi, sebaiknya saat Anda menampilkan produk Anda maka pilihlah visualisasi yang nyata dan baik.
Menipu seseorang dengan foto produk yang berbeda dengan aslinya merupakan hal yang buruk. Maka pastikan Anda tidak pernah menipu mereka. Anda bisa menggunakan jasa pengambilan gambar foto atau video yang profesional. Meskipun, cukup tidak sepadan karena mahal, hal ini pastinya nanti akan sepadan dengan hasil yang Anda dapat nantinya.
4. Terlibat dengan Pelanggan Termasuk Penggemar Produk Anda
Media sosial tercipta berdasarkan gagasan untuk terlibat dengan penggemar ataupun pelanggar, jadi penting bagi Anda untuk melakukan ini dengan pengikut Facebook Anda. Anda bisa memindai halaman Anda setidaknya sekali sehari untuk melihat apakah ada orang yang berinteraksi dengan posting Anda dengan pertanyaan atau komentar. Jika ada, maka balaslah mereka tepat waktu, terutama jika itu pertanyaan tentang produk yang menunjukkan minat untuk melakukan pembelian. Upaya ini selain untuk manarik keterlibatan Anda juga merupakan salah satu cara agar layanan Anda mendapatkan kepercayaan.
5. Terapkan Iklan Pemasaran Ulang
Iklan pemasaran ulang merupakan alat berharga yang ditawarkan kepada halaman bisnis di Facebook. Dengan sedikit bantuan dari pengembang web Anda, Anda dapat menggunakan alat ini untuk mulai mengirim iklan Facebook kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs web Anda tetapi pergi tanpa melakukan konversi. Misalnya, jika seseorang menjelajahi toko online Anda dan menambahkan sesuatu ke keranjangnya tetapi kemudian keluar dari halaman tersebut, Anda dapat mengarahkan iklan kepadanya dengan item persis yang dia miliki pada keranjangnya untuk mengingatkannya agar kembali dan menyelesaikan transaksi. Ini akan membantu Anda membawa kembali pelanggan yang seharusnya hilang, dan karenanya meningkatkan penjualan Anda.
6. Jual Gaya Hidup yang Dapat Ditawarkan Produk Anda
Bagian besar dari mendapatkan pelanggan setia adalah menunjukkan kepada mereka gaya hidup yang dapat produk atau layanan Anda tawarkan melalui gambar dan teks yang menarik. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis tentang makanan diet, maka membuat postingan tentang produk dengan postingan yang menunjukkan gaya hidup sehat yang bisa menunjang untuk diet merupakan langkah yang tepat. Menampilkan langkah-langkah yang tepat dengan kutipan bahwa diet adalah hal yang mudah selama ada keyakinan. Ini menunjukkan kepada calon pelanggan gaya hidup yang Anda jual bukan hanya produk.
7. Gunakan Upsell
Dengan menggunakan alat audiens kustom Facebook, Anda dapat memilih untuk hanya menargetkan pengguna yang sudah menjadi pelanggan. Iklan dapat menampilkan penawaran khusus untuk pelanggan yang kembali atau produk baru yang melengkapi pembelian yang telah mereka lakukan. Di lain sisi, menggunakan alat ini akan membantu Anda meningkatkan penjualan dari grup yang sudah akrab dan puas dengan apa yang ditawarkan perusahaan Anda.
Facebook bukan hanya tentang bersosialisasi! Ketika bisnis mengikuti tips ini, Facebook dapat menjadi cara untuk memindahkan lebih banyak produk dan meningkatkan laba.
Untuk selebihnya, kunjungi website Campus Digital.