Salwa Nida

Kontributor

2 tahun yang lalu


#media sosial # socialmedia #facebook

Cara Berjualan Makanan di Facebook: Dijamin Sukses

2 tahun yang lalu - By Salwa Nida

Banyak sekali bisnis makanan saat ini yang melakukan transaksi jual beli secara online. Menjual makanan secara online saat ini adalah bisnis yang menjanjikan selain melakukan pemasaran secara oflline. Anda sebagai pemilik salah satu bisnis makanan juga ingin memasarkan produk Anda secara online. Lalu, Anda melihat artikel ini dan mulai mencari tahu bagaimana cara berjualan makanan di Facebook yang pastinya akan mendatangkan pelanggan baru. Berikut merupakan bagaimana cara berjualan makanan di Facebook.


[caption id="" align="aligncenter" width="448"]Berjualan makanan di marketplace Facebook Berjualan makanan di marketplace Facebook[/caption]

1. Siapkan halaman Facebook Bisnis

Jika Anda belum memiliki halaman Facebook bisnis. Maka ini adalah waktu yang tepat untuk Anda membuatnya. Namun, apabila Anda sudah memilikinya Anda bisa langsung menuju langkah yang ke dua. Sebagai pengguna baru, untuk membuat halaman Facebook bisnis ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan

  1. Mulailah mendaftar halaman bisnis di Facebook.com/business
  2. Pilih 'jenis' halaman yang ingin Anda buat.
  3. Masukkan detail dari bisnis Anda.
  4. Unggah foto profil dan foto sampul dari bisnis Anda.
  5. Klik edit info halaman. Anda bisa memberitahu informasi penting kepada konsumen Anda seperti jam operasional toko Anda dan detail kontak bisnis Anda.
  6. Klik Buat Halaman dan berikan @Nama Pengguna . Hal ini akan membantu membuat URL unik Anda. Ini tidak hanya membuat bisnis Anda menonjol, tetapi juga memudahkan calon pelanggan menemukan halaman Anda.
  7. Tambahkan Tombol jika Anda ingin melakukannya. Ini bisa berupa 'Toko' untuk memungkinkan pelanggan membeli produk langsung dari halaman, atau 'Hubungi Kami' untuk pertanyaan. 
  8. Buatlah postingan pertama Anda!
  9. Publikasikan halaman dan mulailah mengundang pelanggan Anda untuk 'menyukai' halaman tersebut.
  10. Tautkan situs web bisnis Anda ke halaman untuk meningkatkan rasio klik-tayang dari satu halaman ke halaman lainnya.

2. Tentukan Target dari Produk Makanan Anda

Menentukan target dari konsumen yang akan membeli produk Anda adalah hal yang penting. Anda bisa menerapkan cara penentuan target secara demografi dengan melihat umur, gender, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan, dll. Dengan menentukan target dari produk makanan Anda, Anda akan mengetahui ke arah mana produk Anda akan berjalan nantinya.

3. Tunjukkan Produk Makanan yang Anda Jual

Menunjukkan hasil produk makanan yang ingin Anda jual adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Dengan adanya foto produk dari makanan yang ditawarkan, orang akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda. Menunjukkan foto produk secara jelas juga penting. Dan yang penting Anda harus menunjukkan foto yang sesuai dengan keadaan asli dari produk makanan Anda. Jangan sampai Anda mengambil foto makanan dari internet atau dari kompetitor bisnis Anda.


[caption id="" align="aligncenter" width="463"]Foto asli dari produk Anda yang dilihat oleh konsumen Foto asli dari produk Anda yang dilihat oleh konsumen[/caption]

4. Perhatikan Aturan Penjualan di Facebook

Sederhananya, jika Anda secara teratur menjual makanan melalui Facebook, Anda harus tetap memperhatikan aturan tertulis yang diberikan oleh Facebook. Dengan memperhatikan aturan ini, Anda dapat menghindari pelanggaran-pelanggara yang dapat mempengaruhi penjualan Anda nantinya. Ingat, bila Anda belum tahu aturan penjualan di Facebook Anda bisa mulai mencari tahu hal ini.

Dengan menerapkan 4 Cara ini, berarti Anda selangkah lebih maju daripada Anda sebelumnya yang kurang paham mengenai bisnis makanan di Facebook. Tetap semangat dan semoga bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Jika ingin mengenal jauh tentang kursus online bisa kunjungi Campusdigital dan daftarkan sekarang 

Hubungi Kami