Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #konsepdigitalmarketing #carakerjaseo #jenisseo

Cara Bikin Blog yang SEO Friendly!

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Bagi kamu yang baru mulai terjun di dunia blog, pasti bingung bagaimana caranya membuat blog yang SEO friendly. Artikel ini kami buat khusus untuk kamu yang sedang kebingungan, bagaimana langkah-langkah agar blog yang kita buat SEO friendly? Simak caranya di bawah ya.

Pastikan Setiap Halaman Memiliki Fungsi Meta Tag

Meta tag ialah deskripsi yang kalian lihat di halaman pencarian ketika kalian sedang berselancar di internet. Meta tag yang harus ada adalah meta title dan meta description, sedangkan untuk meta keyword boleh diabaikan karena Google sudah tidak memedulikan meta keyword.

 Buat Struktur URL Website Rapi Dan Teratur

Seringkali suatu website e-commerce (online shop) memiliki URL yang berantakan, misalnya seperti ini: http://www.yourwebsite.com/index.php?route=product/product&product_id=52

Buatlah URL yang rapi, terstruktur, dan jelas. Contohnya seperti ini: http://www.yourwebsite.com/product/nama-product-kodeproduct

Berikan Ruang Untuk Text

Memiliki website yang estetik (banyak gambar dan foto) memang bagus, namun sebenarnya pada sisi lain bida berdampak buruk terhadap SEO.

Contoh umumnya ialah pada halaman HOME tidak ada tulisan/text sama sekali. Hanya diisi dengan gambar dan foto saja. Ini adalah contoh website yang tidak SEO friendly.

Mengapa? Karena, dari sisi SEO, halaman HOME itu sangat penting diisi dengan text yang informatif dan deskriptif. Ini disebabkan oleh crawler Google yang tidak bisa membaca foto, melainkan hanya bisa membaca text. Jadi, apabila HOME hanya berisi gambar dan foto saja, crawler akan bingung dalam membaca topic website.

Untuk itulah, pastikan halaman HOME memiliki ruang untuk text (misalnya ucapan selamat datang, intro, dan sejenisnya).

Fungsi Alt Text Pada Gambar

Karena crawler Google sulit memahami dan membaca gambar, maka Alt text pada setiap file gambar harus bisa tertulis. Pastikan fitur ini tersedia, sehingga setiap kali user ingin menambahkan image baru, user dapat langsung mengetikkan Alt text.

Lakukan Canonical URL

Mungkin kalian pernah menemukan, satu website atau halaman yang sama memiliki URL yang berbeda. Contohnya, halaman HOME:

http://websiteanda.com

http://www.websiteanda.com

http://www.websiteanda.com/index

Di mata Google, 3 URL tersebut adalah halaman yang berbeda, meskipun bagi pengunjung terlihat sama saja. Karena memiliki isi yang sama namun URL yang berbeda, maka hal ini bisa memicu isu duplicate content.

Maka dari itu, kalian perlu menetapkan URL mana yang akan menjadu acuan. Setelah menetapkannya, maka web programmer perlu memberitahu crawler Google bahwa URL tersebutlah yang dijadikan patokan.

Memakai Https

Keamanan adalah salah satu faktor dari ranking sebuah website di Google. Parameter sari keamanan tersebut salah satunya adalah penggunaan protokol HTTPS. Dengan menggunakan HTTPS website akan terlihat lebih aman, sehingga dapat membantu SEO website tersebut.

Kira-kira itu dia 6 fitur yang dapat kalian terapkan untuk blog yang SEO friendly. Tetapi, kalian juga harus ingat, bahwa fitur-fitur tersebut tidak menjamin website atau blog langsung mendapat rangking. Fitur tersebut sifatnya hanya memperbesar peluang.

Kalau kalian memang serius untuk terjun ke dunia digital dan ingin belajar SEO lebih dalam, yuk coba ikuti program di Campus Digital. Semoga bermanfaat!

Hubungi Kami