Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#blog

Cara Membuat Blog Gratis & Menghasilkan Uang

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

Saat ini, banyak orang mencari cara untuk menghasilkan uang secara online. Salah satu cara yang jelas dan mudah untuk menghasilkan uang secara online adalah melalui blog.

Jika Anda salah satu di antara mereka yang ingin memanfaatkan waktu luang dengan memulai blogging, maka blogging adalah cara yang bagus untuk mengisi waktu luang sekaligus menghasilkan uang.

Jika Anda mencari cara untuk memulai blog gratis, saya sangat menyarankan Anda untuk mempertimbangkan menggunakan platform blogging Blogger karena tidak hanya mudah diatur tetapi Anda juga dapat mulai menghasilkan uang dari AdSense.

Berikut adalah panduan lengkap bagi orang-orang untuk membuat blog gratis di blogspot dan mulai menghasilkan uang dari AdSense.

Cara Membuat Blog Gratis

Langkah 1: Daftar ke Blogger.com

Pertama-tama, buka halaman beranda Blogger.com dan daftar. Sebelum membuka halaman Blogger.com, Anda harus membuat akun Gmail jika Anda belum memilikinya.

Setelah Anda masuk ke akun Google Anda, Anda sekarang akan melihat tombol "New Blog" di sisi kiri. Klik untuk membuat blog baru di Blogger.

[caption id="attachment_9238" align="alignnone" width="580"] Halaman Blogger.com[/caption]

Langkah 2: Masukkan nama untuk blog Anda

Ketikkan judul yang ingin Anda beri nama blog Anda di kotak Judul. Anda harus memasukkan alamat domain pendek sehinga mudah untuk diingat. Jika Google menemukan alamat domain yang Anda tuliskan sudah digunakan, maka Anda harus menuliskan alamat domain baru. Pastikan untuk membuat nama yang unik.

[caption id="attachment_3894" align="alignnone" width="580"] Halaman website Blogspot[/caption][caption id="attachment_3902" align="alignnone" width="580"] Halaman website Blogspot[/caption]

Langkah 3: Mulai buat posting blog baru

Klik tombol "Buat Posting Baru" di sisi kiri untuk membuat posting blog baru. Masukkan judul apa saja dan mulailah menulis konten yang Anda inginkan.

[caption id="attachment_3907" align="alignnone" width="580"] Halaman website Blogspot[/caption]

Langkah 4: Google AdSense!

Setelah Anda mulai mendapatkan jumlah pengunjung yang layak dari mesin pencari ke blog blogspot Anda, Anda dapat mengajukan permohonan AdSense untuk mulai menghasilkan uang. Jangan mendaftar untuk AdSense kecuali Blog Anda sudah memiliki setidaknya 300-400 pengunjung setiap hari. Jika tidak, sangat sulit untuk membuat akun Anda disetujui.

[caption id="attachment_9242" align="alignnone" width="580"] Adsense dari Blogger.com[/caption]

Anda dapat mengajukan permohonan Adsense pada menu "Earnings" dan klik "Learn More" untuk membaca kebijakan dan persyaratan tentang Adsense dan klik "sing up for Adsense" untuk mendaftarkan Adsense pada blog Anda.

Cara Meraih Penghasilan dari Blog

Ada beberapa cara untuk memonetisasi blog. Anda dapat menemukan berbagai model pendapatan online dan strategi populer untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Apa itu monetisasi? Secara sederhana, monetisasi berarti menghasilkan dari situs Anda. Misalnya ketika Anda memperoleh pendapatan dari konten online di blog Anda.

Menawarkan Iklan di blog Anda

Sebagai penerbit blog, Anda bisa mendapatkan pendapatan yang besar dari iklan pada blog Anda. Pengiklan bersedia membayar untuk mendapatkan eksposur ke audiens Anda. Sama seperti surat kabar bersirkulasi tinggi dapat membebankan biaya lebih tinggi kepada pengiklan, semakin populer situs dan konten Anda, semakin banyak pendapatan yang dapat Anda peroleh.

Program Afiliasi

Program pemasaran afiliasi adalah ketika Anda menyertakan tautan produk atau layanan yang dijual di situs lain ke dalam konten Anda. Cara kerja program afiliasi adalah ketika seseorang mengklik tautan di situs Anda, membuka situs afiliasi dan melanjutkan untuk membeli produk yang Anda promosikan, Anda mendapat komisi dari penjualan itu.

Untuk blog yang audiensnya sangat aktif dan tertarik dengan rekomendasi produk, hal ini bisa menjadi model pendapatan yang realistis. Blog yang memuat topik tentang fashion, makanan dan gaya hidup menawarkan banyak peluang untuk mempromosikan produk afiliasi.

Menjual Produk

Saat ini blog juga menjadi salah satu platform e-commerce, dimana Anda bisa mendirikan toko online dan mulai menjual produk. Produk Anda bisa berupa fisik atau digital. Sebagai contoh dalam blog dengan topik perjalanan dan petualangan, Anda dapat menjual kaos yang menampilkan logo atau buku panduan digital Anda ke destinasi wisata.

Anggota Member

Jika blog Anda memiliki pembaca aktif, maka Anda bisa membuat sistem "anggota member" dengan langganan berbayar untuk menggunakan konten khusus dari blog Anda. Hal tersebut dapat menghasilkan pendapatan dalam jangka panjang.

Yok kunjungi dan daftar di Campus Digital

Hubungi Kami