Pendri Putra Permana

Publisher

10 bulan yang lalu


#tips&trik

Cara Membuat Tabel di Canva

10 bulan yang lalu - By Pendri Putra Permana

Jika iya, aku tebak pasti dirimu tidak jauh-jauh dari platform Canva. Soalnya, memang situs sekaligus aplikasi desain grafis yang satu inilah yang boleh kita katakan paling lengkap.

Terang saja, Canva menyediakan puluhan ribu template gratis maupun berbayar, hingga segenap fitur-fitur unggulan lainnya yang bisa kita akses kapan saja dan di mana saja asalkan ada koneksi internet.

Kalau kita meracik PPT di PowerPoint, gampang saja untuk menambahkan tabel. Kita hanya perlu salin-tempel tabel yang sebelumnya ada di Microsoft Excel maupun Microsoft Word.

Di Canva kita bisa menyalin foto, gambar, ilustrasi hingga tulisan (CTRL+C) kemudian di -paste-kan di desain, tapi untuk tabel masih belum bisa.

Baca Juga : Download Video TikTok


Cara Membuat Tabel di Canva

Secara spesifik, di Canva belum ada fitur khusus yang bisa memudahkan kita untuk membuat tabel, menambah kolom, menambah baris, atau hal-hal yang berkaitan dengan tabel lainnya.

Sejauh ini, paling-paling hanya bisa membuat secara manual, yaitu dengan cara insert elemen persegi panjang lalu menyusunnya dengan rapi hinggalah menjadi tabel.

Kedengarannya mudah, sih, tapi sungguh hal tersebut memakan waktu.

Kalaulah kemudian kita melakukan tangkapan layar pada tabel yang ada di Excel atau Word kemudian menempelkannya di Canva sebagai gambar, sungguh cara tersebut juga kurang efektif karena kita tidak bisa leluasa mendesainnya.

Langkah membuat tabel di Canva :

Buat Tabel di Microsoft Excel

Hal pertama yang perlu lakukan ialah membuat tabel di Microsoft Excel. Buat saja tabel kosong dengan jumlah baris dan kolom yang sudah di tentukan.

O ya, perlu di ingat bahwa ketika Sobat sudah mengunggah tabel ke Canva, jumlah baris maupun kolom tabelnya tidak akan bisa di tambah maupun di kurangi.

Bila format tabel di Excel sudah selesai di buat, silakan simpan tabel tersebut dalam format PDF. Ingat, ya, PDF bukan Excel Workbook.

Buka Canva.com atau Canva for PC

Tabel sudah di bikin, sekarang saatnya buka platform Canva melalui dekstop. O ya, pastikan sinyal internetnya cukup stabil, ya. Dirimu bisa menggunakan WiFi atau pun hotspot HP.

Klik Buat Desain Lalu Pilih Import File

Setelah tampak laman beranda Canva.com atau Canva for PC, usahakan Sobat melakukan login terlebih dahulu.

Bila sudah login, silakan klik “Buat Desain” lalu arahkan pandangan mata ke sisi kanan bawah layar PC.

Di sana ada fitur “Import File”. Langsung klik, kemudian pilih dokumen PDF berisi tabel yang tadi sudah di buat.

Edit dan Desain Tabel Sesuai Keinginan

Ketika tabel sudah berhasil di unggah, ketika itu pula kita bisa mengedit dan meracik presentasi sesuai keinginan.

O ya, perlu di cermati bahwa dalam mengedit tabel di Canva kita hanya bisa memperbesar atau memperkecil . Tulisan yang ada di dalam tabel juga bisa kita hapus, di ganti font-nya, atau di tambah sesuai keinginan.

Download atau Bagikan PPT

Bila tabel dan presentasi di Canva sudah selesai di buat, bisa langsung mengunduhnya dalam bentuk PPT, Video, PNG, hingga animasi GIF.

BEBERAPA TIPS DAN TRIK DALAM DUNIA DIGITAL

Hubungi Kami