Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#brand loyalty # camous digital # cara membangun brand loyalty # custumer loyalty # loyalitas pelanggan

Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan – Dalam membangun sebuah bisnis, pastinya kamu harus memberikan pelayanan yang baik bahkan sempurna terhadap customer. Dengan ada banyaknya persaingan bisnis online yang sedang tren sekarang ini, kamu harus bisa menyusun dan menggunakan strategi khusus agar customer kamu tetap berbelanja di tokomu. 

Dalam bisnis, mempertahankan pelanggan agar tetap berbelanja di toko kamu bisa di sebut dengan loyalitas pelanggan. Apalagi di zaman serba digital seperti saat ini, setiap pembeli semakin mudah untuk memilih toko online yang sesuai dengan keinginan dan kriteria yang mereka cari. Jika produk, brand dan pelayanan bisnis online kamu mengecewakan, maka customer pun pasti juga akan langsung beralih ke kompetitor bisnis kamu yang di anggap memiliki produk serta pelayanan yang jauh lebih baik.

Maka dari itu, mempertahankan loyalitas pelanggan di toko online sangat lah penting, untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba terapkan dalam berbisnis online :

Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Produk yang Berkualitas

Produk yang berkualitas, pastinya akan membuat pelanggan kamu merasa puas berbelanja di tokomu. Kamu bisa menjelaskan produk kamu secara detail pada deskripsi produk agar produk yang kamu jual jelas dan mudah di pahamni oleh pembeli.

Selain itu, kamu juga perlu memberikan gambar asli dari produk. Jangan hanya menggunakan foto dari Google. Pastikan foto produk benar-benar sesuai dengan deskrispi yang di berikan. Sehingga barang tersebut memang terlihat authentic atau asli seperti yang di jual.

Komunikasi yang Lancar dengan Pembeli

Dengan kamu mencantumkan sosial media dan kontak, pelanggan akan merasa lebih aman dan tahu siapa penjual dari produk tersebut. Kamu juga harus memberikan respon yang cepat jika ada pertanyaan seputar produk yang kamu jual. Hal itu karena bisa meyakinkan pembeli untuk membeli produk di toko milikmu.

Baca juga Merek dan Upaya Menjaga Eksistensi

Terima Kritik dan Saran

Menerima kritik maupun saran ini merupakan hal yang penting dalam membangun loyalitas pelanggan. Kamu harus tetap terbuka mengenai kritik dan saran tentang produk maupun layanan yang kamu berikan kepada mereka. Biasanya pelanggan yang belum mengetahui toko kamu hal yang pertama kali di lihat adalah kolom comment. Kolom komentar atau ulasan ini menjadi suatu hal yang menentukan mereka saat melihat-lihat toko online kamu. 

Jika ulasan yang di berikan merupakan hal baik, maka semakin banyak pelanggan yang akan membeli produk milimu. Namun sebaliknya juga, jika ada kritik dan komplain, kamu tetap harus menerima dan menanganinya dengan baik dan agar pelanggan tersebut merasa aman dan terpenuhi keinginannya.

Itulah cara mempertahankan loyalitas pelanggan dalam berbisnis online, jangan lupa untuk tetap memilih marketplace terpercaya agar tidak terjadi penipuan ya. Dan jika kamu tertarik untuk bisa membangun bisnis online yang bisa menghasilkan, kamu bisa mengikuti kursus di Campus Digital. Yuk pelajari lebih dalam mengenai Campus Digital dan jadilah bagian bersama kami !

Hubungi Kami