Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


#modalbisnis #modalbisnislaundry #modalbisniscafe #modalbisnisproperti #modalbisnisapotek #modalbisnisonline #modalbisnisbaju

Cara Mencari Modal Bisnis

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Persoalan utama seseorang dalam memulai bisnis adalah permodalan. Banyak yang ragu untuk memulai bisnis karena keterbatasan dana atau modal usaha. Hal ini sering dijadikan alasan utama seseorang untuk menunda membuka bisnis. Padahal, sebenarnya banyak sumber-sumber modal yang bisa kita manfaatkan untuk dapat memulai bisnis walau secara pribadi kita tidak punya uang sepeserpun. Yaitu yang bisa anda lakukan ketika modal terbatas adalah memberdayakan potensi selain uang yang dimiliki.

Ada beberapa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal dalam berbisnis, diantaranya :

1. Tabungan Pribadi

Siapkan Tabungan yang cukup dalam berbisnis, minimal 6 x 12 pengeluaran bulanan. Hal ini dibutuhkan karena di awal dalam membangun sebuah bisnis akan banyak pengeluaran yang diperlukan.

2. Keluarga dan Teman

Keluarga dan orang-orang yang ada di sekitar anda adalah pihak yang sangat mengenal anda. mereka sudah tahu kredibilitas anda. Diskusikan dengan mereka bahwa bisnis yang akan anda jalankan akan dapat membantu keluarga dan orang-orang terdekat anda. Secara emosional, mereka akan lebih mudah membantu anda dalam membangun bisnis.

3. Carilah Investor

Investor bisa berasala dari keluarga atau pihak luar. Buatlah penawaran bisnis yang menarik dengan pembagian hasil yang sesuai. Buat kesepakatan kerjasama tertulis yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

4. Kerjasama Bisnis

Jika anda mempunyai ide yang bagus dan cemerlang, cobalah untuk mencari rekan-rekan di sekitar anda yang mempunyai sumber daya lain, seperti tempat yang tidak produktif. Ajak kerjasama mereka dan tawari dengan pembagian hasil yang sesuai

5. Ventura Capital

Banyak orang yang mempunyai modal namun tidak mempunyai waktu, maka karenanya fokus mereka adalah dengan hanya menanmkan modalnya. metode ini bisa dilakukan dengan cara pembagian saham

6. Pinjaman ke Bank

Salah satu program pemerintah adalah untuk menggerakkan ekonomi nasional adalah dengan memberikan kredit ringan kepada UMKM melalui bank-bank Nasional. Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan pelaku bisnis untuk mendapatkan modal bisnis

7. Hibah Lomba

Dengan modal ide bisnis dan kemampuan mempresentasikannya dengan baik, Ikuti berbagai kompetisi wirausaha yang banyak diadakan kampus atau instansi-instansi pemerintah maupun swasta. ini menjadi sarana yang sangat tepat untuk bisa mendapatkan modal untuk bisnis kita. Dalam kompetisi ini biasanya juga dilengkapi dengan pelatihan dan mentoring untuk bisa mengembangkan bisnis.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bisnis. Mulailah bisnis anda sekarang, Jangan ragu bangun bisnismu untuk menjadi besar. Lakukan dan akan banyak cara yang akan memudahkan untuk membuat bisnismu terus berkembang.

Kunjungi juga webiste Campusdigital

Hubungi Kami