Farhan Azzahra

Kontributor

7 bulan yang lalu


# marketplace #wabsite

Cara Menemukan Kata Kunci dalam Teks Bacaan

7 bulan yang lalu - By Farhan Azzahra

Pengertian Kata Kunci

Pengertian dari kata kunci adalah sebuah kata yang digunakan sebagai kunci atau inti yang dapat dihubungkan sesuai dengan sebuah informasi. Maka dari itu, kata ini menjadi penentu bahasan yang akan ada dalam sebuah teks bacaan. Dalam menentukan keyword harus memilih penggunaan kata yang tepat atau tidak rancu. Karena itu, dalam proses pemilihannya harus dengan pertimbangan yang tepat dan hati – hati. Agar artikelmu dapat dengan mudah untuk dicari. Di dalam sebuah teks bacaan tentunya memiliki beberapa unsur di dalamnya, seperti kata, kalimat, hingga ide pokok sebuah paragraf. Pada setiap paragraf pasti memiliki keyword untuk membangun sebuah ide pokok paragraf. Dari ide pokok inilah, maka akan muncul kalimat pelengkap yang dapat menambah makna dari sebuah bacaan.

Cara Menemukan Kata Kunci dalam Teks Bacaan

Selanjutnya, kita dapat melihat bagaimana cara menemukan kata kunci pada sebuah teks bacaan. Dalam mencari kata kunci, kita dapat menggunakan beberapa cara yaitu

1. Mencari Kata yang Sering Diulang

Cara pertama untuk menemukan keyword adalah dengan melihat kata – kata yang berulang dalam sebuah teks. Alasan mengapa kata tersebut selalu berulang adalah karena kata itu merupakan kata yang penting untuk dibahas pada sebuah paragraf.

2. Mencari dalam Ide Pokok

Untuk mengetahui keyword dari sebuah teks dapat melihat dan mencari di dalam ide pokok sebuah paragraf. Di dalam ide pokok tersebut, terdapat kalimat – kalimat penting. Ini karena ide pokok merupakan bagian yang penting dalam sebuah paragraf. Maka dari itu, kata kunci dapat kita temukan di dalam sebuah ide pokok.

3. Kata Kunci yang dituliskan dengan kata ganti lain

Seperti dalam penjelasan di atas, kata kunci akan muncul berkali – kali pada sebuah bacaan. Tetapi, nyatanya kata tersebut dapat kita ganti dengan kata lain agar penggunaannya terlihat tidak banyak. Selain dari menghemat penggunaan kata, tujuan dari penggunaan kata ganti adalah untuk mempertegas atau memperjelas si pembaca akan pentingnya kata – kata itu dalam paragraf. Walaupun menggunakan kata ganti, tentunya tidak lupa penulis harus tetap memperhatikan kata ganti yang tepat. Jangan sampai kata ganti tersebut malah memiliki arti yang berbeda dari yang seharusnya. Karena itu, kata kuncinya harus tetap berkaitan dengan topik dan ide pokok paragraf yang akan kita bahas. Selain itu, kita dapat menukar kata kunci dengan frasa atau gabungan kata.

Untuk bisa mengikuti pelatihan silahkan kunjungi campusdigital.id

 

Hubungi Kami