Pendri Putra Permana

Publisher

1 tahun yang lalu


#tips&trik #instagram

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

1 tahun yang lalu - By Pendri Putra Permana

Setelah pandemi Covid-19, banyak orang di-PHK. Namun, banyak juga orang yang memutuskan untuk memulai bisnis. Jika Anda seorang pemula dalam bisnis dan ingin mempromosikan produk di Instagram, maka artikel ini cocok untuk Anda. Pelajari cara mengaktifkan Instagram Shopping dari diskusi berikut!

Baca Juga : Tips Bikin Best Nine 2022


Mengenal Instagram Shopping

Instagram adalah platform media sosial yang digunakan oleh setidaknya 1 miliar orang di seluruh dunia setiap bulan. Menurut Hootsuite, Indonesia menempati urutan ke-4 dengan pengguna Instagram terbanyak, mencapai 59 juta pengguna pada Q3 2022. Dari studi yang sama, Hootsuite juga mencatat bahwa 200 juta pengguna Instagram mengakses setidaknya satu akun bisnis setiap harinya.

Telah melakukan sesuatu? Nah, ini adalah kesempatan emas bagi Anda yang ingin mempromosikan produk di Instagram. Selain itu, data dari TechCrunch menunjukkan bahwa penggunaan Instagram telah meningkat lebih dari 40% sejak dimulainya pandemi.

Selain mempromosikan produk dengan Instagram atau Facebook Ads, fitur yang tak kalah penting yang bisa Anda manfaatkan adalah Shopping di Instagram. Anda mungkin pernah melihat beberapa akun bisnis di Instagram yang menampilkan foto produk dan menambahkan label harga.

Namun, jika Anda ingin menggunakan Instagram Shopping, Instagram telah menambahkan persyaratan kelayakan baru bahwa bisnis Anda harus memiliki situs web terlebih dahulu.

Namun jangan khawatir, Anda juga bisa mempelajari cara membuat website untuk toko online Anda dengan mudah dari artikel ini. Ayo lihat!


Persyaratan Instagram Shopping

Sebelum Anda mulai mengaktifkan Instagram Shopping, Anda harus memenuhi persyaratan yang ada terlebih dahulu. Karena tidak semua akun bisnis Instagram bisa berbelanja di Instagram. Oleh karena itu, perhatikan persyaratan berikut yang harus Anda penuhi agar aplikasi Anda diterima oleh Instagram.

  • Lokasi usaha berada sekitar area yang mendukung Instagram Shopping
  • Pastikan menjual produk memenuhi persyaratan Instagram
  • Bisnis harus mematuhi Kebijakan Bisnis Instagram dan Perjanjian Penjual
  • Perusahaan memiliki website yang akan digunakan untuk penjualan



Cara mengaktifkan Instagram Shopping

Sebelum mengaktifkan Belanja di Instagram, Anda harus melalui beberapa langkah untuk membuat toko online di Instagram. Anda harus terlebih dahulu memiliki halaman Facebook dan situs web untuk mengaktifkan Belanja Instagram.

Kemudian ikuti langkah selanjutnya untuk mengaktifkan Instagram Shopping:

1. Ubah akun menjadi akun bisnis atau kreator

2. Buat situs web

3. Buat halaman Facebook dan tambahkan kategori

4. Aktifkan Belanja Instagram dan sambungkan ke katalog Facebook

5. Buat konten yang dapat tindaklanjuti

6. Tambahan: Bantuan tautan katalog

7. Tambahan: verifikasi domain


Berikut penjelasan lengkap cara membuat toko online di Instagram Shopping:

Aktifkan akun bisnis di Instagram

Untuk mengubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis atau kreator, ikuti langkah-langkah berikut:

Masuk akun Instagram

Pergi ke pengaturan

Pilih "Akun"

Pilih "Beralih ke akun pro"

Klik "Lanjutkan"

Tentukan kategori aktivitas

Pilih "Selesai"

Kesimpulan

Meskipun butuh waktu untuk mempelajari cara menginstal dan memodifikasi Belanja Instagram, hasil yang Anda dapatkan pada akhirnya sangat berharga. Perusahaan yang dapat terpercaya adalah perusahaan dengan identitas yang jelas. Tak hanya memperkuat brand, Anda juga bisa mendapatkan pelanggan setia.

BEBERAPA TIPS DAN TRIK DALAM DUNIA DIGITAL

Hubungi Kami