Farah Salsabil

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

2 tahun yang lalu - By Farah Salsabil

Google Keyword Planner adalah tools dari Google yang bisa membantu untuk melakukan riset keyword atau kata kunci yang tepat. Kata kunci atau keyword dapat kamu gunakan untuk memasang iklan agar cepat tayang dan memperoleh klik dari pengguna internet. Keyword planner akan membantu kamu mencari kata kunci apa saja yang banyak pengguna internet gunakan. Selain itu, tools ini juga dapat memberikan informasi mengenai tingkat persaingannya. Apabila kata kunci digunakan banyak pembisnos untuk beriklan di Google Adwords, maka status persainganya ketat. Persaingan yang sangat ketat memaksa kamu meningkatkan biaya iklan. Tujuannya agar iklan tidak kalah dengan yang lain dan Google akan menempatkannya di halaman pertama.

Selain untuk mencari kata kunci dengan tujuan beriklan, Google Keyword Planner bisa juga dimanfaatkan secara gratis untuk mencari kata kunci atau keyword yang ideal untuk website. Tools ini memberi rekomendasi mengenai daftar kata kunci untuk kamu jadikan konten. Berikut cara menggunakan google keyword planner dengan mudah.

Baca Juga Cara Menghasilkan Uang dengan Google AdSense

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Masuk ke Akun Google Ads

Agar bisa mengakses fitur Google Keyword Planner, kamu harus login ke akun Google Adwords. Pastikan kamu sudah membuat akun ya. Setelah berhasil login, kamu bisa mencari menu Keyword Planner dengan menekan menu fitur bergambar obeng pada bagian kanan atas. Setelah itu, akan muncul beberapa menu yang berkaitan dengan kata kunci. Silahkan kamu cari menu Keyword Planner.

Buka Fitur Google Keyword Planner

Setelah kamu membuka menu Keyword Planner, langkah selanjutnya yaitu menentukan fitur sesuai kebutuhan kamu. Dalam Keyword Planner ada dua pilihan fitur utama dengan hasil pencarian yang berbeda, yaitu find keyword dan get search volume and forecast. Silahkan kamu pilih yang sesuai kebutuhan. Kamu bisa menggunakannya gratis, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari kata kunci utama yang akan dioptimasi ke website tanpa harus menggunakan kata kunci tersebut untuk beriklan.

Ketiklah Kata yang Berkaitan dengan Bisnis Kamu

Selanjutnya ketikkan kata kunci di kolom yang disediakan. Kamu bisa mengetik kata yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kamu sediakan. Bisa juga kamu alihkan ke manfaat dari produk yang kamu sediakan untuk menemukan rekomendasi kata kunci yang lebih kompleks.

Nah nantinya akan muncul daftar rekomendasi. Kamu bisa memilih kata kunci atau keyword yang paling cocok dan ideal dengan memperhatikan tingkat persaingan dan volume pencariannya. Secara umum dalam menentukan kata kunci, kamu bisa memilih kata kunci yang tingkat kompetisinya rendah tetapi memiliki volume pencariannya tinggi.

Menggunakan Keyword Planner tidaklah sulit. Apabila kamu memanfaatkannya dengan baik dan benar, maka kamu bisa mengoptimalkan iklan website untuk meningkatkan traffic. Jadi, silahkan kamu cermati dan cobalah langkah-langkah mengenai cara menggunakan Google Keyword Planner di atas agar kamu tidak salah langkah.

Kunkjungi web kami Campus Digital

 

Hubungi Kami